Sabtu, 1 Juli 2017

Optimalisasi Kinerja Saluran Pencernaan Ayam

Pernahkah perternakan broiler (ayam pedaging) dan layer (ayam petelur) Anda kurang memberikan hasil yang maksi­mal? Pernahkan Feed Conversion Rate (FCR) peternakan Anda sangat tinggi? “Penyerapan (absorbsi) nutrisi yang tidak optimal” bisa menjadi salah satu jawaban yang mungkin sedang terjadi di farm Anda.

 

Kesehatan saluran pencernaan sangat berpengaruh terhadap performa pertumbuhan unggas. Kesehatan saluran pencernaan mem­pengaruhi pencernaan pakan, penyerapan nutrisi, serta penggunaan protein dan energi. Kesehatan saluran pencernaan dan nutrisi saling berkaitan satu sama lain. Pemanfaatan nutrisi pakan hanya dapat dicapai secara optimal jika saluran pencernaan dalam keadaan sehat.

 

 

Saluran Pencernaan yang Sehat

Unggas yang sehat secara umum memiliki karakteristik saluran usus yang berfungsi dengan baik. Hal ini merupakan dasar dalam meningkatkan efisiensi konversi ransum untuk kebutuhan pokok dan pertumbuhan atau produksi. Karakteristik terpenting dari usus yang berfungsi dengan baik adalah keseimbangan dari populasi bakteri didalamnya. Keseimbangan ini berkaitan erat dengan saluran usus ketika ternak diperlakukan dalam kondisi stres seperti infeksi bakteri, temperatur lingkungan yang tinggi, pergantian pakan, dan transportasi, (Jin et al, 1997). Beberapa kerusakan saluran pencer­naan disebabkan oleh bakteri patogen yang mengganggu kesehatan saluran pencernaan dengan cara menekan efisiensi penyerapan nutrisi. Bentuk subklinis dari infeksi adalah Necrotic enteritis (NE) yang merusak secara lebih cepat dan infeksi jangka pendek.

 

Beberapa kriteria saluran pencernaan unggas yang sehat yaitu villi usus yang panjang dan keutuhan saluran pencernaan. Villi usus merupakan bentukan seperti jari-jari di seluruh bagian usus yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan (nutrisi) yang menjulur dari dasar usus ke arah lumen (rongga) usus dimana makanan dicerna dan diserap dari sana. Maka pada prinsipnya, villi yang semakin panjang dan/atau lebar akan meningkatkan area penyerapan nutrisi pada usus sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.

 

 

Memelihara Kondisi GIT (Gastro Intestinal Tract)

Ada beberapa parameter yang dapat digunakan untuk menilai saluran pencernaan ayam berfungsi baik, diantaranya adalah :

·                     Kecernaan dan penyerapan nutrisi pakan yang baik

·                     Sangat rendahnya nilai nutrisi pakan yang terbuang menjadi kotoran

·                     Bau sangat minim dari kotoran yang dihasilkan

·                     Sangat rendah bahkan hampir tidak ada ayam yang nampak sakit atau mati

·                     Feed Conversion Rate (FCR) sangat baik (sesuai standar).

 

Untuk memelihara Optimalisasi Kinerja Saluran Pencernaan Ayam agar saluran pencernaan ayam berfungsi dengan baik yang pada akhirnya berujung pada pertumbuhan dan produksi yang optimal maka dapat dibantu dengan pemberian bakteri probiotik (bakteri baik/bakteri non-patogen). Selain itu, perlu untuk diperhatikan adalah kualitas air minum yang dipakai di farm Anda, bagaimana status PH dan kadar coliform pada air minum di farm Anda.

 

Perlu diperhatikan pula parasit internal yang menyebabkan masalah pencernaan adalah koksidia. Koksidiosis yang menyerang pada usus halus ayam menyebabkan pendarahan (berak darah). Hal ini menyebabkan pertumbuhan terhambat bahkan kematian. Pada pemeriksaan koksidiosis dalam sekum pun dapat ditemukan parasit cacing askaris dengan akumulasi yang banyak dan tentu saja menyebabkan gangguan pencernaan. Demikian juga penyakit infeksius seperti ND, Gumboro, dan AI.

 

Demi mengoptimalisasi kinerja saluran pencernaan unggas di farm Anda maka yang harus diperhatikan adalah:

·                     Persiapan kandang yang baik menghindari agen infeksius serta vektor pembawa.

·                     Biosekuriti

·                     Management brooder, terutama pemanas pada DOC (ayam umur sehari) yang dapat memicu optimalnya pakan yang masuk agar villi usus terbentuk dengan sempurna.

·                     Kualitas pakan termasuk area penyimpanan pakan.

·                     Udara

·                     Air.

 

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain