Rabu, 13 Maret 2019

Seminar dan Workshop Hewan Eksotik

Seminar dan Workshop Hewan Eksotik

Foto: dok.yand


Depok (TROBOSLIVESTOCK.COM). Exo Projects yang merupakan event organizer khusus pelatihan keterampilan dokter hewan menggelar seminar dan workshop “Examination, Treating and Necropsy Technique on Snakes, Turtles and Tortoises” di Godong Ijo, Depok, Jawa Barat (9-10/3).

 

Acara yang didukung oleh Asosiasi Dokter Hewan Satwa Liar, Aquatik dan Hewan Eksotik Indonesia (ASLIQEWAN) dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Barat 2 ini diikuti sebanyak 63 peserta yang merupakan dokter hewan dan sarjana kedokteran hewan dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Malang bahkan Lombok.

 

Pada hari pertama, peserta mengikuti seminar dengan banyak topik yang dibahas, mulai pengenalan jenis ular dan kura-kura; anatomi, fisiologi dan behavior; handling, restraint, pemeriksaan fisik, koleksi sampel; pengenalan penyakit sampai kepada drug of choice dan aplikasinya.

 

Pada hari kedua, diadakan workshop mengenai handling, tata cara pemeriksaan, pengambilan sampel darah, anastesi, teknik cara pemberian obat dan nekropsi. Seminar dan workshop disampaikan oleh pembicara tunggal yang merupakan dosen sekaligus praktisi hewan eksotik, Slamet Raharjo.

 

Ketua Panitia Rambat Santoso mengungkapkan, sekarang ini dengan perkembangan jaman banyak klien yang memeriksakan hewan eksotik ular dan kura-kura. Sebagai dokter hewan, harus meng-upgrade ilmunya untuk bisa menangani kasus-kasus pada hewan tersebut. “Hari pertama, peserta mendapatkan teori secara detail mengenai seluk beluk ular dan kura-kura, dan lebih seru lagi workshop di hari kedua dimana para peserta mempraktekkannya secara langsung,” ujar Rambat.

 

Seminar dan workshop disambut baik oleh peserta. Menurut Rambat, kuota kepesertaan melampaui target yang diharapkan. “Sebetulnya bisa sampai ratusan, tapi kami baru dapat menampung setengahnya. Semoga acara ini berlangsung terus menerus dan dapat diikuti oleh lebih banyak peserta,” harapnya.

 

Salah satu peserta, Kanda Yanuar Muhamad dari Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Soekarno Hatta, mengakui sangat terbantu dengan adanya seminar dan workshop ini. Bekerja di karantina, menurutnya, tidak hanya mengenai pet tapi juga exotic animal, contohnya seperti ular dan kura-kura. Untuk itu, ia mengapreasi diselenggarakannya acara seperti ini karena dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan lebih untuk mengenal lebih jauh mengenai hewan eksotik.

 

“Ini termasuk basic yang harus dimiliki oleh para dokter hewan yang berkecimpung di hewan eksotik khususnya ular dan kura-kura,” pungkasnya. yand

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain