Kamis, 2 Mei 2019

Operasi Pasar Seharusnya Menggunakan Daging Sapi Lokal

Operasi Pasar Seharusnya Menggunakan Daging Sapi Lokal

Foto: dok.TrobosLivestock


Bandarlampung (TROBOSLIVESTOCK.COM). Pedagang daging sapi di Bandarlampung jika operasi pasar daging sapi digelar kelmbali, agar menggunakan daging sapi lokal, bukan daging impor.

 

Permintaan itu disampaikan oleh  Ketua Persatuan Pedagang Daging (PPD) kota Bandarlampung Tampan Sujarwadi pada 1/5. Sebab, berkaca pada kejadian tahun lalu, menjelang Lebaranmpemerintah daerah bekerja sama dengan Bulog menggelar operasi pasar (OP) dengan menjual daging impor seharga Rp 80 ribu/kg.

 

Padahal, menurut Ampan, seharusnya jika pemerintah  menganggap peternak dan pedagang adalah warga negara yang juga harus dilindungi usahanya, maka yang digandeng dalam OP adalah pedagang daging lokal.

 

Saat ini, sambung dia, pasokan sapi potong impor dari feedloters cukup dan harganya pun stabil. Lalu harga daging Lampung juga masih stabil di angka Rp 110 ribu-Rp 115 ribu/kg.

 

Ia memprediksi menjelang lebaran, paling tinggi harga daging naik menjadi Rp 120 ribu/kg. Rendahnya kenaikan harga daging, Ampan menambahkan, selain disebabkan beredar bebasnya daging impor di pasar tradisional, ekonomi masyarakat juga sedang lesu.

 

Dijelaskannya, sebetulnya kenaikan permintaan daging menjelang bulan puasa tidak begitu signifikan. “Biasanya permintaan daging paing tinggi naik dua kali lipat pada H-2 dan H-1 jelang puasa Ramadan. Jika dalam kondisi normal sekarang kebutuhan daging di Kota Bandarlampung 40 ekor maka biasanya naik hingga 70-80 ekor,” lanjutnya.

 

Sementara menjelang lebaran, Ampan menjelaskan, biasanya lonjakan permintaan daging baru terjadi dari H-7 dan mencapai puncaknya pada H-1 Lebaran Idul Fitri. Kenaikannya bisa mencapai 8-10 kali lipat. Di saat itu baru terjadi lonjakan harga daging di pasar tradisional seiring kenaikan harga sapi hidup menjelang lebaran. Untuk meredam kenaikan harga daging, seperti tahun-tahun sebelumnya pemerintah membanjiri pasar dengan daging impor. datuk

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain