Jumat, 10 Mei 2019

Cargill Mengajak Stakeholders Peduli Pasokan Pangan Berkelanjutan

Cargill Mengajak Stakeholders Peduli Pasokan Pangan Berkelanjutan

Foto: dok.ramdan


Jakarta (TROBOSLIVESTOCK.COM). Penelitian yang bertajuk “From Farm to Fork” itu menunjukkan enam megatren yang dapat mempengaruhi kelangsungan rantai pasokan pangan.

 

Keenamnya adalah urbanisasi, demografi populasi penduduk desa yang menua, kelangkaan sumber daya pangan, integrasi rantai pasokan, ritel modern, stok pangan yang terbuang sebelum sampai ke tangan konsumen (food loss) dan sampah makanan (food waste).

 

Seiring pertumbuhan populasi manusia, maka kebutuhan pangan pun akan meningkat. Asia yang diperkirakan memjadi rumah bagi 4,9 miliar orang pada 2030 akan mengalami peningkatan konsumsi pangan lebih dari dua kali lipat per kapita dalam 12 tahun mendatang. Hasil penelitan The Economist Intelligence Unit yang disponsori Cargill tersebut memperlihatkan enam megatren yang dapat mempengaruhi rantai pasokan makanan.

 

Corporate Affairs Director, Cargill Indonesia Arief Susanto menyatakan seluruh pemangku kepentingan, termasuk sektor swasta memiliki peranan penting dalam menemukan solusi untuk menjawab tantangan rantai pasokan pangan berkelanjutan.

 

“Kami bekerja sama dengan para petani, pemerintah, industri, pelanggan dan konsumen untuk membangun masa depan pangan yang lebih berkelanjutan. Melalui berbagai pengalaman kami yang dipadukan dengan teknologi baru serta wawasan terkini untuk menciptakan masa depan pangan yang aman, kami memenuhi kebutuhan industri pangan dan konsumen akan bahan pangan yang berkelanjutan, termasuk meningkatkan penelusuran serta transparansi rantai pasokan global,” kata dia dalam acara panel diskusi sekaligus berbuka puasa di Restoran Bebek Bengil, Jakarta (9/5).

 

Acara yang dihadiri wartawan media cetak dan online tersebut juga menghadirkan Alfi Irfan, CEO & Founder Agrisocio, socio-enterprise bidang pertanian yang memberdayakan penduduk desa melalui pertanian berkelanjutan dan Ivan Arie. S, CEO & CO-Founder TaniHub, marketplace yang menghubungkan petani dengan pelaku bisnis.ramdan

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain