Jumat, 10 Mei 2019

Target Tumbuh Dua Digit, Sierad Bangun Smart Poultry Farming dan Gandeng Startup

Target Tumbuh Dua Digit, Sierad Bangun Smart Poultry Farming dan Gandeng Startup

Foto: dok.ute


Jakarta (TROBOSLIVESTOCK.COM). Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Sierad Produce Tbk (Perseroan) mengungkap progres dan rencana perusahaan pada segmen produksi dan marketing yang sedang digarap pada 2019.

 

Tahun ini Sierad Produce menargetkan pertumbuhan double digit di kisaran 20 % di segala lini bisnis dan meningkatkan kualitas produk yang diharapkan dapat meningkatkan keseluruhan kinerja baik dalam hal finansial maupun operasional. Sierad juga akan memaksimalkan utilisasi teknologi informasi. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas farm dengan dukungan teknologi terkini.

 

Bertepatan dengan itu, pada acara tersebut dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan  PT XL Axiata Tbk, Farm Result BV dan HAS University Netherland untuk menerapkan konsep smart farming sebagai adopsi sistem industri 4.0 dalam budidaya untuk meningkatkan kualitas produk dan produktivitas.

 

Dengan memadukan sensor, Internet of Things (IoT), automasi dan smart system yang didukung oleh data analytic dan machine learning, smart poultry farming dapat meningkatkan kesejahteraan ternak karena pemantauan terhadap kebutuhan, kesehatan, dan tingkah laku ternak menjadi lebih mudah.

 

“Sierad telah melakukan pilot project di salah satu kandang broiler (ayam pedaging) yang berlokasi di Banten. Pilot project ini bertujuan sebagai uji coba konsep dan menjadi langkah pertama yang sangat penting bagi Sierad menuju program peternakan yang lebih di masa mendatang,” ungkap Tomy.

 

Aksi Bidang Marketing

Selain smart poultry farming, Tomy juga menerangkan bahwa program-program lain untuk menunjang pertumbuhan perseroan di 2019 adalah menjalin kemitraan dengan PT Wahyu Saluran Berkat (Wahyoo). Sebuah perusahaan start up berbasis teknologi yang mempunyai anggota ribuan mitra warung yang tersebar di Jabotabek untuk membuka outlet penjualan ayam goreng di jejaring warung Wahyoo.

 

Selanjutnya Sierad meluncurkan Super DOC, dengan meningkatkan kualitas baru bibit ayam pedaging yang didesain menghasilkan ayam dengan capaian potensi genetik secara maksimal dan melampaui harapan peternak yang menghadapi tingginya mortalitas setelah Antibiotic Growth Promotor (AGP) tidak diperbolehkan lagi oleh pemerintah.

 

Meningkatkan value produk, Sierad Produce meluncurkan kemasan baru produk makanan olahan beku Belfoods dengan mengusung tema Fun & Happiness. Sekaligus meluncurkan produk dengan kemasan satu porsi saji agar harga lebih terjangkau, yaitu Rp 10.000.

 

Bukukan Laba, Semangat Baru

Integrator perunggasan PT Sierad Produce Tbk (Perseroan) berhasil mentas dari kerugian sebelum pajak sebesar Rp 237 M pada 2017, dengan membukukan laba sebelum pajak Rp 33,9 miliar.

 

“Membaiknya harga DOC (ayam umur sehari) dan ayam hidup, kenaikan harga bahan baku pakan ternak yang dapat diimbangi dengan kenaikn harga jual pakan ternak, perputaran modal kerja yang lebih baik serta implementasi capital expenditure yang lebih selektif menjadi landasan peningkatan kinerja Perseroan secara keseluruhan,” ujar Direktur Utama Perseroan, Tomy Wattemena Widjaja di hadapan wartawan dan tamu lainnya dalam acara paparan publik tahunan di Soehana Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta (9/5).

 

Upaya turnaround yang dilakukan oleh perseroan membuahkan penjualan bersih Rp 3,12 triliun, naik 27 % atau Rp 670 miliar dari Rp 2,45 triliun di 2017.

 

Tomy menjelaskan, seluruh segmen berkontribusi dalam kenaikan tersebut yaitu penjualan pakan ternak, DOC, makanan olahan, dan budidaya ayam potong dapat tumbuh secara double digit. Lini bisnis pakan ternak memberikan kontribusi terbesar dengan pertumbuhan volume sebesar 22,21 %. Segmen bisnis olahan perseroan mampu tumbuh 41,31 %.

 

Peningkatan kinerja perseroan berhasil diaktualisasikan melalui perbaikan kualitas produk, kualitas tim sales, strategi pemasaran melalui pemilihan pelanggan yang selektif serta internalisasi budaya kerja sebagai tim yang berorientasi pada hasil. Perseroan juga terus meningkatkan penerapan biosekuriti yang ketat dan konsisten melakukan perbaikan manajemen pemeliharaan ayam pada segmen budidaya.

 

Pencapaian baik sepanjang 2018, tidak terlepas dari sumber daya manusia yang handal untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dan pelayanan yang terbaik dalam memenuhi kepuasan pelanggan. “Oleh karena itu, perseroan berkomitmen untuk terus mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan lebih jauh lagi berupaya menghasilkan tenaga-tenaga ahli di sektor peternakan terintegrasi,” terangnya. yand

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain