Kamis, 16 Mei 2019

Kemandirian Pakan untuk Ayam pada Program Bekerja

Kemandirian Pakan untuk Ayam pada Program Bekerja

Foto: dok.Kementan


Ciawi (TROBOSLIVESTOCK.COM). Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) diminta  menerapkan inovasi untuk kemandirian pakan ayam kampung dan petelur pada program Bekerja.

 

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran mengungkapkan hal itu mendukung Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang sudah berjalan, sehingga kebutuhan pakan ayam petelur yang telah dibagi ke masyarakat dapat dipenuhi secara mandiri oleh masyarakat.

 

Dijelaskannya, pemerintah sudah membagikan ayam  kampung dan ayam petelur ke masyarakat dan ayamnya sudah bertelur. Setelah itu dilanjutkan dengan pendampingan dan memberikan pakan gratis sampai 6 bulan.

 

“Sekarang kita sudah melakukan pendampingan untuk membuat pakan secara mandiri, supaya masyarakat bisa membuat sendiri pakannya. Itu target kita, sehingga nanti tidak ada ketergantungan dari pemerintah kemudian ketergantungan dari luar negeri apalagi barang-barang impor,” demikian dikemukakan Mentan Amran di sela-sela acara peresmian Unit Pengelola Bibit Sumber (UPBS) di Balai Penelitian Ternak, Ciawi, Bogor (15/5).

 

Pada 2019, sambung dia, akan kembali disalurkan kembali 20 juta ekor ayam petelur. Dengan demikian, untuk menjamin kesuksesan dan keberlanjutan program tersebut, Badan Litbang Pertanian mendorong inovasi dan teknologi untuk menjamin ketersediaan pakan di seluruh Indonesia.

 

“Kita sudah punya potensi pakan di setiap provinsi. Kami di Badan Litbang diminta agar membuat pakan berdasarkan potensi lokal yang ada di setiap provinsi, sehingga tidak tergantung pada pakan di pasar,” kata Fadjry Djufry, Kepala Balitbangtan.

 

 Jika pakan tersedia, lanjutnya, potensi sumber pakan di daerah masing-masing bisa muncul dan peternak terus memelihara ayamnya. Apalagi Indonesia masih ada beberapa provinsi yang masyarakatnya gizi buruk, sehingga harapannya dengan beternak ayam, konsumsi telur dan daging dapat memenuhi kebutuhan protein masyarakat. ramdan

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain