Kamis, 16 Mei 2019

Kini Balitnak Memiliki Unit Pengelola Bibit Sumber (UPBS) Ternak

Kini Balitnak Memiliki Unit Pengelola Bibit Sumber (UPBS) Ternak

Foto: dok.ramdan


Ciawi (TROBOS).  Unit Pengelola Bibit Sumber  (UPBS) Ternak - Balai Penelitian Ternak (Balitnak)  Bogor diresmikan oleh Menteri Pertanian  Andi Amran Sulaiman pada Rabu (15/5) di Ciawi, Bogor.

 

Amran katakan UPBS merupakan unit pembibitan ayam kampung untuk memperbanyak bibit ayam kampung unggul yang dikembangkan hingga ke masyarakat. Melalui UPBS ini pun, Kementan akan mencetak  masyarakat yang dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan pakan ternaknya.

 

Kepala Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi, Bogor Soeharsono mengungkapkan UPBS Ternak  sebagai salah satu strategi Balitbangtan untuk penderasan inovasi teknologi hasil riset Balitbangtan yang utamanya inovasi galur ternak unggul Balitbangtan.

 

Balitnak sebagai salah satu UPT Balitbangtan telah menghasilkan galur ternak lokal unggul. Melalui UPBS bibit sumber dari galur ayam lokal unggul (KUB dan SenSi) diperbanyak untuk selanjutnya didistribusikan ke mitra kerja (BPTP Balitbang, UPT Kementan, UPTD Perbibitan Prov-Kab/Kota, Dunia Usaha (Lisensor), Kelompok Masyarakat dll).

 

“Harapan mitra kerja ini melakukan pengembangan bibit yg lebih masif untuk agribisnis ternak,” jelasnya.

 

Kepala Balitbang Kementan, Fadjry Djufry menambahkan UPBS merupakan pembibitan ayam kampung unggul yang dibangun Balitbangkan dalam tiga strata. Strata 1, terdapat di tujuh provinsi utama dengan menyediakan indukan sebanyak 2.000 ekor. Tujuh provinsi tersebut yakni Sulawesi Selatan, NTB, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Banten, Jawa Timur, dan Gorontalo.

 

“Selain strata 1, kami juga membangun strata 2, ayamnya kurang lebih 300 ekor yang tersebar di 17 provinsi. Strata 2 ini tahap pembibitan atau pengembangan di tingkat peternak yakni peternak inti dan plasma. Kemudian strata 3 untuk pengembangan tingkat rumah tangga, ayamnya 100 ekor per rumah tangga peternak,” terang Fadjry. ramdan

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain