Kamis, 4 Juli 2019

ISPI Dorong Kemandirian Industri Susu Nasional

ISPI Dorong Kemandirian Industri Susu Nasional

Foto: dok.ramdan


Surabaya (TROBOSLIVESTOCK.COM). Ikut meramaikan pameran Indolivestock Expo & Forum 2019, Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (PB ISPI) menggelar Seminar Nasional “Mimpi Besar Membangun Kemandirian Industri Persusuan Indonesia” pada ajang Indo Livestock 2019, Rabu (3/7).

 

Bertempat di Ruangan Diamond 5 Grand City Convex - Surabaya, acara ini dihadiri kurang lebih 100 peserta dari kalangan mahasiswa, peternak,praktisi peternakan dan pemerintah serta tamu undangan. Tampil sebagai pembicara, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud, Direktur Utama BRI Agro Agus Noorsanto, Direktur Nutricel Suaedi Sunanto, dan Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia - Jawa Timur Sulistyo.

 

Pokok -pokok bahasan dalam seminar tersebut diantaranya kebijakan dan program pemerintah: implementasi Rencana Induk Pengembangan Sapi Perah (blueprint), strategi dan upaya dalam meningkatkan produksi susu nasional, peran GKSI untuk meningkatkan usaha sapi perah, upaya peningkatan produktivitas dan bisnis sapi perah melalui pakan tambahan, aksesibilitas permodalan untuk usaha sapi perah, tantangan dalam usaha sapi perah di Indonesia dan peternakan sapi perah orientasi ekspor.

 

Didiek Purwanto Ketua Umum PB ISPI memamparkan saat ini telah terjadi penurunan produktivitas yang signifikan terhadap rasio antara kemampuan produksi SSDN (Susu Segar Dalam Negeri) dengan impor. Sebelum krisis ekonomi kemampuan produksi SSDN hampir mendekati 60 %, kini hanya sekitar 22 %. “Oleh itu saya mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam membangun kemandirian persusuan di Indonesia,” tuturnya. ramdan

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain