Kamis, 1 Agustus 2019

Produk Unggulan Berbasis Riset

Produk Unggulan Berbasis Riset

Foto: 


Wisium menghadirkan solusi lengkap dan berkualitas untuk industri peternakan tanah air
 
 
Berbekal pengalaman selama puluhan tahun di negara asalnya Perancis, Wisium menghadirkan produk feeding care dengan layanan pra dan paska penjualan yang sistematis dan terukur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kesehatan hewan di Indonesia. Wisium ingin bahu membahu dengan produsen pakan dan peternak untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan profitabilitas. 
 
 
Saat ini beberapa produk Wisium sudah dipasarkan di Indonesia. Salah satunya adalah T5X. Business Development Manager Wisium Global, Fransisco Pinto, menekankan betapa T5X merupakan solusi tepat untuk meminimalisir dampak negatif kontaminasi mikotoksin terhadap ternak baik unggas, ruminan, maupun akuakultur. 
 
 
Penelitian membuktikan bahwa terdapat lebih dari 400 jenis mikotoksin di dunia ini. Kehadiran mikotoksin berdampak buruk terhadap performa zootechnical ternak. Salah satu yang paling berbahaya adalah jenis Aflatoksin yang diidentifikasi mengandung toksin polar. Toksin ini dapat mengganggu kinerja organ hati. “T5X bukan toxin binder biasa. Telah melewati serangkaian riset dan uji coba baik secara in vitro maupun in vivo selama 20 tahun di 11 lembaga riset kami. Kemampuannya untuk mengatasi kontaminasi mycotoxin melalui pendekatan ilmiah nyaris sempurna. Sejauh ini T5X merupakan toxin binder paling efektif dalam menanggulangi mikotoksin,” tandas Fransisco. 
 
 
T5X bersinergi dengan hewan melalui 3 langkah penting. Pertama, mengikat toksin polar seperti Aflatoxin. Kedua, menstimulasi peningkatan produksi enzim detoksifikasi alami di hati. Sehingga secara alami ternak sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi lolosnya mikotoksin ke dalam tubuh. Ketiga, T5X akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh ternak dalam menghadapi kontaminasi mycotoxin, sehingga mencegah timbulnya penyakit. Dengan demikian peningkatan performa zootechnical dapat terpenuhi. 
 
 
PURlite 
Produk selanjutnya yang dijelaskan Fransisco adalah PURlite. PURlite merupakan produk higienis berbentuk bubuk, yang diformulasikan dari bahan baku tumbuhan dan mineral yang sangat aman untuk hewan dan juga operator kandang. Produk ini berperan penting bagi kenyamanan dan kebersihan lingkungan kandang. Cara kerjanya adalah dengan menyerap air di litter (alas kandang). 
 
 
Kelembaban yang tinggi dan litter yang basah menjadi masalah utama yang harus diatasi di kandang, terutama di peternakan babi. Lantai kandang yang basah tidak hanya membuat hewan tidak nyaman, tapi juga menjadi lingkungan yang nyaman bagi bakteri patogen untuk berkembang. 
 
 
PURlite memiliki daya serap air yang tinggi sehingga dapat menjaga kondisi kelembaban kandang tetap stabil dan memperlambat laju perkembangbiakan bakteri patogen. Rasio penyerapan Purlite terhadap air adalah 1:2. Artinya 1 kg PURlite dapat menyerap 2 liter air. “Walaupun jika dengan material bedding yang lain, harganya bukan yang termurah, namun dari segi investasi PURlite lebih menguntungkan. Karena produk lain yang sejenis rasio penyerapannya adalah 1:1 atau 1:1,5,” ungkap Fransisco. 
 
 
PURlite juga mengandung beberapa essensial oil yang dapat menghalangi bakteri patogen untuk tumbuh sehingga lingkungan kandang terjaga kebersihannya. Selain itu, produk ini mampu mengikat amonia di kandang. 
 
 
Target penggunaan produk ini sendiri adalah untuk kesejahteraan hewan dan manajemen kandang yang lebih baik. Produk ini seratus persen aman digunakan untuk hewan dan tentunya aman juga bagi operator kandang. Dapat digunakan untuk semua jenis hewan ternak seperti babi, ayam, ruminan, kelinci, dan kuda. Cara pakainya, PURlite cukup ditebarkan di litter dengan dosis tertentu. 
 
 
Fransisco menjelaskan lebih detail manfaat PURlite untuk babi. Produk ini dapat langsung digunakan untuk babi yang baru saja lahir, dengan cara dibalurkan ke kulitnya. PURlite tidak akan merusak kulit babi karena tidak mengandung bahan berbahaya. Penting untuk segera mengeringkan anak babi setelah lahir agar suhu tubuhnya menjadi hangat. Dengan baluran PURlite anak babi dapat terhindar dari stres karena turunnya suhu tubuh secara bertahap/hipotermia sehingga dapat lebih cepat mengakses colostrum induknya. Colostrum sebagai asupan nutrisi pertama sangat berguna untuk menjaga vitalitas anak babi. 
 
 
Kemudian PURlite memiliki aroma yang intens yang berasal dari essensial oil terutama dari pine oil. Aroma ini sangat berguna bagi anak babi baru lahir dan akan terbiasa dengan aroma ini bahkan mengingatnya sebagai aroma induknya. Sehingga pada periode pemisahan dari induk (periode lepas sapih), babi tidak mengalami stres yang berpengaruh pada pertumbuhannya. 
 
 
Pendekatan 360° 
Untuk melengkapi layanan penanggulangan kontaminasi mycotoxin, Wisium juga menyediakan aplikasi web berbasis online yaitu aplikasi “Mycowatch®“yang dapat diunduh dan di-install dengan mudah dari Google Play Store. Aplikasi ini bertujuan mempercepat tindak lanjut dari tahapan analisa kontaminasi mikotoksin untuk berbagai spesies hewan. Kemudian merekomendasikan produk yang cocok dengan dosis yang sangat spesifik dan terukur. Aplikasi ini mudah digunakan dan merespon dengan cepat dengan tingkat akurasi yang mumpuni. 
 
 
Bentuk dukungan lainnya yang diberikan Wisium kepada pelanggannya adalah menghadirkan Quick service analysis untuk mycotoxins dan control plan untuk beberapa bahan baku utama dengan didukung oleh UpScience Labs Solution. UpScience merupakan laboratorium yang reliable, independent serta transparan dan bisa dipercaya. Di sini dapat dilakukan berbagai analisa di antaranya kalibrasi NIR, audit laboratorium untuk pelanggan, analisa proksimat, vitamin, asam lemak, semua analisis untuk mineral, logam berat, mikotoksin, residu pestisida, serta tes homogenitas. 
 
 
Business Development Manager Feed Additive Wisium Indonesia, Willyam menyampaikan, Wisium berkomitmen untuk terus bahu membahu dengan produsen pakan dan peternak guna menghasilkan produk dengan kualitas optimum melalui produk dan pendekatan ilmiah yang sistematis dan terukur. Dalam menjalankan bisnis, sangat penting untuk melakukan pendekatan secara menyeluruh/ holistik terhadap kebutuhan customer. “Yang kami lakukan untuk setiap customer adalah pendekatan secara menyeluruh atau di Wisium kami menyebutnya dengan pendekatan 360°. Agar kami benar-benar tahu kebutuhan mereka. Sejauh ini respon pelanggan terhadap produk-produk Wisium sangat bagus. Kami sangat optimis dengan prospek ke depannya,” terang Willyam. TROBOS/Adv
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain