Kamis, 29 Agustus 2019

Pusat Veterinaria Farma (Pusvetma) Resmikan Unit Layanan Terpadu

Pusat Veterinaria Farma (Pusvetma) Resmikan Unit Layanan Terpadu

Foto: dok.DitjenPKH


Surabaya (TROBOSLIVESTOCK.COM). Unit Layanan Terpadu (ULT) Pusat Veterinaria Farma (Pusvetma) - Surabaya diresmikan pada Rabu (28/8).

 

Unit Layanan Terpadu ini dibentuk Pusvetma untuk mempermudah memberikan pelayanan prima sesuai tupoksinya untuk pengguna layanan sesuai pedoman Standar Pelayanan Publik. Pusvetma menyediakan produk vaksin, pengujian, distribusi,pemasaran dan pengembangan vaksin, antigen dan antisera serta bahan biologik lainnya.

 

"Pelayanan secara online dan transparan akan menambah kepercayaan publik akan produk yang dihasilkan," ungkap Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) I Ketut Diatmita pada pidato peresmian itu. Dijelaskannya, idealnya pelayanan yang dilakukan dapat diberikan kepada semua lapisan masyarakat.

 

Sementara itu Agung Suganda, Kepala Pusvetma menjelaskan bahwa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik. Standar Pelayanan Publik yang tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Veteriner Farma Nomor 100021/Kpts/OT.080/F4.H/06/2019.

 

Menurutnya Standar Pelayanan Publik atau SPP ini disusun oleh Pusvetma dengan maksud untuk memberikan pedoman bagi seluruh Pegawai Pusat Veteriner Farma dalam menyelenggaraakan pelayanan publik dan memberikan informasi kepada masyarakat pengguna layanan / pelanggan / stakeholder. Khususnya terkait persyaratan, prosedur, waktu, biaya, hasil sampai dengan pelayanan Pengaduan.

 

Agung melanjutkan penjelasannya, melalui ULT sebagai satker Badan Layanan Umum, Pusvetma harus bisa memberikan pelayanan maksimal. Untuk itu Pusvetma telah memiliki ULT yang merupakan unit terpadu. Unit ini terdiri dari staf bidang pemasaran, bidang keuangan, bidang pengujian dan bagian umum untuk memberikan layanan satu pintu yang lebih mudah dan cepat kepada pelanggan. Pelanggan dapat mengakses layanan ini dengan cara datang secara langsung maupun melalui media online seperti website, SMS, Whatsap, telpon, dan email.

 

Agung kemudian memaparkan bahwa saat ini seluruh prosedur pemberian pelayanan bisa dilakukan secara langsung di ULT. Adapun informasi yang terkait dengan Produk serta Pelayanan Pusvetma dapat diakses melalui http://www.pusvetma.ditjenpkh.pertanian.go.id/.

 

"Terdapat tiga prosedur pelayanan yang telah ditetapkan standar prosedurnya antara lain, prosedur pelayanan penjualan produk, prosedur pelayanan pengujian mutu produk serta prosedur pelayanan penunjang, selain itu Pusvetma juga memiliki prosedur untuk pengaduan," papar Agung.

 

Ketut memberikan masukan untuk pengembangan ULT, dan berharap pelayanan Pusvetma kepada masyarakat pengguna menjadi lebih jelas, berkualitas, cepat, transparan, mudah, terjangkau, dan terukur demi terwujudnya pelayanan prima dan diperolehnya kepercayaan masyarakat.

 

Ketut juga meminta agar ke depan pelayanan Pusvetma dapat dilakukan lebih mudah dan pelanggan tidak perlu datang secara langsung sehingga Pusvetma harus terus menginformasikan prosedur pelayanan tidak langsung (on line) melalui website, SMS, email, dan telpon kepada seluruh pelanggan.

 

“Saya berpesan kepada seluruh jajaran Pusvetma agar betul-betul berkomitmen menerapkan Standar Pelayanan Publik dengan baik dan konsisten sehingga dengan upaya yang dilakukan ini, Pusvetma harus menjadi salah satu UPT yang ditetapkan sebagai zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” pungkas Ketut. ist/ramdan

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain