Selasa, 1 Oktober 2019

Kombinasikan Enzim dengan Bahan Pakan Lokal

Kombinasikan Enzim dengan Bahan Pakan Lokal

Foto: 
Kekompakan tim TBK dan Principal di pameran Ildex 2019

Berbeda dengan yang lain, Enzim DigeGrain Delta Plus terdiri dari 8 jenis enzim yang saling bersinergi dalam proses kerjanya
 
 
Selalu tampil berbeda dengan peserta pameran lainnya, PT Tirta Buana Kemindo (TBK) membuat konsep yang unik dalam menghias stannya di perhelatan pameran Ildex (International Livestock, Dairy, Meat Processing And Aquaculture Exposition) Indonesia 2019 yang digelar untuk yang ke-4 kalinya di Indonesia Convention Exhibition(ICE), Tangerang, Banten pada 18-20 September 2019. Dengan konsep cafe “millenial” membuat para pengunjung sangat antusias untuk singgah. 
 
 
Ivonne Subeni Direktur Utama , PT Tirta Buana Kemindo (TBK) mengatakan saat ini sudah banyak diskusi dilakukan di cafe – cafe dan menjamur di seluruh daerah dengan fasilitas Wifi mereka dapat berdiskusi tanpa terhalang waktu dan jarak
 
Maka dari itu, TBK menggunakan konsep cafe ini bertujuan mengikuti jaman dalam hal tempat melakukan presentasi produk, sehingga terjadi diskusi yang interaktif. “Kita menawarkan dan menjelaskan produk dengan suasana yang menarik dan tidak bosan seperti di cafe-cafe. Peternak pun tidak jauh dari minum kopi, sehingga kita lebih mendekatkan lagi dengan mereka,” terangnya sambil tersenyum. 
 
 
Selain itu hampir sama dengan Ildex Indonesia yang sebelumnya, sebagai ajang untuk bertemu langsung dengan pelanggan mulai dari peternak broiler (ayam pedaging), peternak layer (ayam petelur), peternak ruminansia, formulator pakan dll. “Serta bertemu supplier lain dan mereka akan lebih percaya jika kita bertemu dalam suatu pameran peternakan bertaraf internasional ini,” tuturnya. 
 
 
Dalam era non AGP saat ini, dikemukakan Ivonne, TBK mulai mengembangkan produk untuk biosekuriti yaitu Chlorhexidine gluconate (CHG) yang selama ini masih digunakan di manusia. “Kami coba untuk digunakan di ternak sebagai pembunuh bakteri dll, karena biosekuriti merupakan salah satu faktor penting dalam era AGP ini,” pungkasnya. 
 
 
Sumber Bahan Pakan Lokal 
PT TBK masih mengusung produk enzim pengganti AGP (Antibiotic Growth Promoter) yang memiliki fungsi dan peranan serupa yaitu produk enzim DigeGrain Delta Plus dan diproduksi oleh Advanced Enzymes principal dari India. Produk tersebut masih dalam list produk unggulan yang ditampilkan di pameran Ildex Indonesia 2019 kali ini. “Enzim ini berbeda dengan yang lain, karena terdiri dari 8 jenis enzim yang saling bersinergi dalam proses kerjanya,” ungkap Ivonne.
 
 
Hanya memang tahun ini PT TBK sedang melakukan promosi kopra meal dan PKM (Palm Kernel Mill/bungkil inti sawit). PKM merupakan produk sampingan dari pembuatan minyak kelapa sawit dan ketersediaannya di dalam negeri cukup melimpah. “Bahkan salah satu penghasil PKM terbesar di dunia,” cetusnya. 
 
 
Oleh karena itu, sambung Ivonne pihaknya sedang melakukan kombinasi dengan enzim DigeGrain Delta Plus dan melakukan pengujian di Balitnak, (Balai Penelitian Ternak) Ciawi dan Bogor University. Kalau dulu hanya melakukan promosi enzim, sekarang terus mencari kemungkinan sumber pakan lokal lainnya dan coba dikombinasikan dengan enzim milik TBK. “Kita juga akan coba melakukan diskusi dan pembicaraan dengan beberapa ahli nutrisi pakan,” jelas Ivonne. 
 
 
Ia mengatakan sebelumnya tidak terpikirkan untuk memanfaatkan sumber bahan pakan berbasis lokal padahal ketersediaannya cukup banyak. Maka PT TBK mulai mengoptimalkan sumber bahan pakan lokal ini. “Diharapkan pakan lokal ini nantinya dapat mengganti bahan baku seperti jagung yang selama ini ketersediaannya cukup sulit dalam periode tertentu,” harapnya. TROBOS/Adv 
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain