Selasa, 8 Oktober 2019

Dukung Pendidikan, JAPFA Bangun Teaching Farm

Dukung Pendidikan, JAPFA Bangun Teaching Farm

Foto: dok.yand


Aceh Besar (TROBOSLIVESTOCK.COM). Selain meresmikan unit baru hatchery,  di hari yang sama (8/10) PT Indojaya Agrinusa, salah satu anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk (JAPFA) juga meresmikan teaching farm hasil kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).
 
Fasilitas penelitian yang dibangun di Desa Ie Su’um, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar ini, rencananya mulai dipasok anak ayam atau chick in pada Oktober ini. Kerjasama yang disambut baik oleh Rektor Unsyiah ini, merupakan bentuk kontribusi JAPFA di bidang pendidikan.
 
“Sejalan dengan nilai JAPFA untuk Bergerak Menuju Kesejahteraan Bersama, JAPFA berkomitmen untuk meningkatkan kualitas anak bangsa. Oleh karenanya, JAPFA bersinergi dengan pemerintah dan akademisi dalam menciptakan SDM unggul guna mewujudkan Indonesia Maju 2045,” ujar Head of Feed Operation Unit Medan & Padang PT Indojaya Agrinusa, Anwar Tandiono (Acai). 
 
Acai menerangkan bahwa fasilitas yang dibangun JAPFA terdiri dari 3 unit kandang, yakni: Commercial Farm Closed House berkapasitas 10.000 ekor, Commercial Farm Open House Panggung berkapasitas 5.500 ekor, dan Commercial Farm Open House Postal berkapasitas 4.500 ekor. Masing-masing kandang memiliki ukuran 8x70m dan sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung ternak berupa tempat pakan, tempat minum, kipas angin, blower, dan mesin penghangat ayam. 
 
Rektor Unsyiah, Samsul Rizal pada peresmian tersebut sangat mengapresiasi dukungan JAPFA dalam dunia pendidikan. “Atas bantuan teaching farm ini, semoga bisa membawa pengaruh positif kepada mahasiswa untuk lebih tahu bagaimana dunia peternakan khususnya perunggasan yang sebenarnya. Mereka bisa belajar langsung mulai dari pemeliharaan ayam, pemantauan kesehatan hewan dan terpenting biosekuriti. Dengan melihat sendiri bagaimana fasilitas yang ada, mereka lebih paham bagaimana kondisi lapangan itu,” ucapnya. 
 
Pun demikian, sambung Samsul, harapannya ke depan tidak hanya 3 kandang saja. Mudah-mudahan kandang bantuan ini terus bertambah. “Tentunya dengan pengawasan dan pendampingan dari tim JAPFA, kami yakin ini akan berhasil dan terus berkembang ke depannya,” katanya penuh semangat. 
 
Kerjasama antara JAPFA dan Unsyiah sebelumnya ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman pada September 2018 lalu. Pada kesempatan yang sama, melalui JAPFA Foundation, JAPFA juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di Fakultas Kedokteran Hewan dan Pertanian Unsyiah dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjalani kuliah lapangan di Commercial Farm JAPFA.
 
“Harapan kami keberadaan JAPFA di Aceh selain memberikan kontribusi lebih untuk masyarakat Aceh, baik melalui hatchery maupun teaching farm. Kami akan terus berupaya untuk terus memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Aceh,” tutup Acai. yand

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain