Rabu, 1 Januari 2020

Wonokoyo Bersama Novogen, Sepekan Penuh Kesan Berbagi dengan Pelanggan

Wonokoyo Bersama Novogen, Sepekan Penuh Kesan Berbagi dengan Pelanggan

Foto: 
Tim Wonokoyo dan Novogen beserta Panitia Pelaksana Seminar Teknis di Kediri

Selama sepekan (9-14 Des), Wonokoyo bersama Novogen melakukan diskusi teknis di lapangan. Selain itu, juga menyelenggarakan seminar teknis di dalam ruangan. Kedua agenda penting tersebut dilaksanakan di beberapa kota di Jawa Timur dan Bali
 
 
Diskusi teknis lapangan diawali di lokasi Djupar Farm, Pare-Kediri. Kunjungan tim Wonokoyo bersama Novogen ke lokasi kandang ayam petelur periode grower itu mendapat sambutan hangat dari Farm Manager-nya, Franky Nata Wijaya. 
 
 
Diskusi teknis pada siang yang terik dan menyengat itu, berfokus pada pengaruh suhu tinggi/panas lingkungan terhadap performa ayam. Tak puas hanya mendengar uraian Franky, tim Wonokoyo bersama Novogen berkeliling dan masuk ke dalam kandang.
 
 
Pengamatan langsung terhadap ayam dilakukan detil dan teliti. Bahkan, dilakukan penimbangan bobot badan ayam secara sampling. Peralatan dan perlengkapan kandangpun tak luput dari pengamatan. Juga, aspek pakan dan tatalaksana pemberiannya menjadi bahan diskusi yang menarik. 
 
 
Sebelum mengakhiri kunjungan di Djupar Farm, tim Wonokoyo plus Novogen yang beranggotakan 5 orang itu memberikan masukan/saran perbaikan sebagai solusi guna mengatasi permasalahan yang diakibatkan suhu tinggi/panas lingkungan. 
 
 
Diskusi teknis lapangan berlanjut ke Bagong Farm yang juga berlokasi di Pare- Kediri. Suasana diskusinya lebih seru dan gayeng. Sang owner Bagong Suharto bersama putranya, Bobby Suharto, antusias menyambut tetamunya. Selama kunjungan, ayah dan putranya itu saling bergantian mengajukan pertanyaan. 
 
 
Selain penimbangan bobot badan ayam, tim juga melakukan pemeriksaan nekropsi (pembedahan post mortem). Lebih dari 5 ekor ayam diperiksa patologi anatominya. Hasil pemeriksaan nekropsi menunjukkan adanya indikasi infeksi bakterial pada ayam-ayam tersebut.
 
 
Sebagai kesimpulan diskusi teknis di lokasi Bagong Farm sore itu, tim Wonokoyo beserta Novogen memberikan input sebagai solusi penanggulangan dan pengendalian infeksi bakterial. Juga diberikan saran dan masukan terkait pakan, khususnya formulasi dan tatalaksana pemberiannya. 
 
 
Selama berada di wilayah kabupaten Kediri, tim juga melakukan diskusi teknis dengan Bebe Farm, Golden Egg Indonesia Farm, dan Syamsul Ma’arif Farm. Seperti halnya kunjungan sebelumnya, pada kunjungan di tiga farm tersebut juga diberikan solusi guna menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. 
 
 
Wonokoyo bersama Novogen benar-benar all out saat bersafari ke suatu wilayah. Tujuannya agar para pengguna dan calon pengguna ayam ras petelur Novogen mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya. Selain diskusi teknis di lapangan, juga diselenggarakan seminar teknis di dalam ruangan. 
 
 
Seminar teknis bertema “Maximise Novogen Laying Potential in Your Farm,” digelar di salah satu hotel berbintang di kota Kediri. Selain peternak ayam ras petelur di wilayah Kediri, juga hadir peternak dari daerah Blitar, Tulungagung, dan Madiun. Bahkan ada yang dari Surabaya dan Malang. Seminar yang berlangsung petang hingga malam hari itu dihadiri sekitar 100 orang. 
 
 
Pola yang sama dilaksanakan di Bali. Diskusi teknis lapangan dilaksanakan di lokasi peternakan Tubagus Oky Farm (Baturiti, Tabanan); UD. Wijaya (Susut, Bangli); UD. Gunung Sari (Susut, Bangli); dan Ariasa Farm (Susut, Bangli). 
 
 
Menggunakan tema yang sama, seminar teknis diselenggarakan pagi hingga sore hari di hotel berbintang di kota Denpasar. Lebih dari 80 peternak ayam ras petelur dari wilayah Bangli; Tabanan; Karang Asem; dan Badung hadir dalam seminar teknis tersebut. 
 
 
Guna lebih memeriahkan suasana seminar teknis di kedua kota itu, Wonokoyo dan Novogen memberikan hadiah bagi pemenang undian (doorprize). Terdapat 14 hadiah yang diundi di masing-masing kota tempat seminar teknis tersebut digelar. TROBOS/Adv
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain