Rabu, 1 Januari 2020

Cegah Produktivitas Menurun pada Sapi

Cegah Produktivitas Menurun pada Sapi

Foto: 


Pemberian vitamin B kompleks dapat mengoptimalkan penyerapan dan pemanfaatan nutrisi yang berpengaruh terhadap proses pertumbuhan hewan ternak
 
 
Sejak 2011 berdiri, Surya Ternak (Poultry Shop) PS merupakan toko yang menyediakan obat – obatan dan vitamin untuk ternak di wilayah Lamongan, Jawa Timur. Mundir, pemilik Surya Ternak PS mengatakan latar belakang mendirikan toko tersebut yaitu karena ingin membantu para peternak sapi di daerahnya untuk dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh peternak. Karena waktu itu masih banyak para peternak sapi menemukan per¬masalahan yang menyebabkan produktivitas menurun. 
 
 
Setelah 2 tahun toko berdiri, Mundir mem¬bentuk kemitraan dengan para peternak sapi di sekitar wilayah Lamongan, Jawa Timur. “Saya menitipkan sapi ke peternak dan sistemnya bagi hasil. Saat ini jumlah populasi sapi yang dimiliki sejumlah puluhan ekor,” terang Mundir. 
 
 
Keunggulan Vita B-Plex Bolus 
Selama beternak sapi, Mundir telah menghadapi berbagai permasalahan, terutama terkait produktivitas. Ia mengatakan bahwa di daerahnya banyak sapi potong yang masih mengalami kesulitan nafsu makan dan produksi air susunya kurang lancar pada sapi betina yang disebabkan oleh penurunan kualitas pakan. Hal itu dikarenakan sulitnya mencari pakan pada saat musim kemarau. “Biasanya pakan yang diberikan seadanya saja seperti jerami atau kulit jagung, sehingga sapi kekurangan vitamin dan produktivitasnya menurun,” paparnya. 
 
 
Untuk mengatasinya, Mundir menggunakan Vita B-Plex Bolus dari Medion. Ia bercerita, sudah 3 tahun menggunakan produk Vita B-Plex Bolus yang awalnya diperkenalkan oleh personil lapangan Medion. “Mereka selalu aktif mendatangi saya, sharing serta selalu memberikan solusi yang tepat untuk para peternak dan setelah mencobanya merasa cocok dengan produk ini. Setelah mencoba penggunaan Vita B-Plex Bolus, semua permasalahan terkait produktivitas sapi dapat teratasi,” terangnya. 
 
 
Produk suplemen bolus dari Medion ini, dituturkan Mundir mampu memperbaiki nafsu makan sapi menjadi lebih baik dan membuat sapi betina memproduksi air susu lebih lancar. “Selain itu, Vita B-Plex Bolus juga dapat menambah performa sapi dan kesehatan lebih terjaga sehingga penurunan produktivitas sapi terminimalisir,” tegas Mundir. 
 
 
Vita B-Plex Bolus mengandung vitamin B kompleks yang berfungsi sebagai suplemen untuk hewan ternak besar. Vitamin B kompleks merupakan vitamin larut air yang dibutuhkan oleh hewan ternak dengan fungsi utama yaitu sebagai kofaktor enzim yang terlibat dalam metabolisme asam amino, energi, asam lemak dan asam nukleat. Fungsi – fungsi tersebut berpengaruh terhadap proses pertumbuhan hewan ternak tersebut. 
 
 
Mundir mengaku pernah menggunakan produk lain namun lebih memilih Vita B-Plex Bolus dan ternyata pilihannya sangat tepat. Produk Vita B-Plex Bolus mudah diaplikasikan dan dicerna hewan ternak. Selain itu, memberikan manfaat kurang lebih sama dengan produk lain namun lebih mudah didapat. “Vita B-Plex Bolus ini juga dapat membantu proses pemulihan dari infeksi dan memperbaiki metabolisme tubuh hewan sehingga mempercepat pertumbuhan,” terangnya. 
 
 
Menurut Mundir, Medion merupakan salah satu partner dalam perkembangan usahanya. Oleh karena itu, ia berharap produk – produk Medion dapat tetap mempertahankan kualitas yang baik seperti saat ini. “Saya merasa sangat puas dan senang dengan pelayanan yang selama ini sudah diberikan oleh Medion. Jika ada permasalahan mereka siap membantu kapan saja,” tutupnya. TROBOS/Adv
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain