Jumat, 1 Mei 2020

Perunggasan Peduli

Perunggasan Peduli

Foto: dok. ppn kendal
PPN Kendal memberikan 200 paket bahan pokok yang berisi beras dan telur kepada masyarakat

Asupan protein hewani sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bantuan dalam bentuk produk protein hewani dan lainnya diharapkan bisa mencegah meluasnya penyebaran virus corona
 
 
Pandemi Covid-19 yang melanda negara-negara dunia termasuk Indonesia telah mengetuk hati para pelaku usaha di sektor perunggasan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak. Berbagai bentuk bantuan diberikan oleh stakeholder perunggasan sebagai wujud kepedulian sesama anak bangsa.
 
 
Seperti yang dilakukan Koperasi PUTERA Blitar yang menggelar kegiatan pembagian telur di sekitar wilayah Kabupaten Blitar Jawa Timur. “Kami diminta oleh pemerintah daerah untuk menyalurkan telur sebanyak 57.000 pack untuk masyarakat. Bantuan diberikan 2 minggu sekali selama wabah Covid-19 berlangsung,” ungkap Ketua Koperasi PUTERA Blitar, Sukarman. 
 
 
Sukarman membeberkan, jika total telur yang diberikan sekitar 5 kuintal atau 500 kg. Upaya ini dilakukan untuk membantu masyarakat tetap mempertahankan asupan gizi yang baik. “Meskipun kami juga dalam kondisi sulit seperti ini, namun kebutuhan protein hewani tetap harus dipenuhi agar daya tahan tubuh kuat,” harap dia. 
 
 
Pinsar Petelur Nasional (PPN) Provpinsi Lampung juga memberikan bantuan sebanyak 3.000 butir telur untuk tim medis yang mengabdi di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Abdoel Moelek pada (9/4). Bantuan diberikan melalui Pemerintah Provinsi Lampung untuk kemudian didistribusikan. 
 
 
“Telur ini kami berikan guna membantu tim medis di lapangan untuk menguatkan daya tahan tubuh dalam menangani pasien yang terpapar Covid-19,” kata Kabid (Kepala Bidang) Advokasi dan Regulasi PPN Provinsi Lampung yang juga menjabat sebagai Ketua PPN Lampung Selatan, Suwanto. Pembagian telur gratis juga rencananya akan dilakukan di wilayah Lampung Selatan. Hingga saat ini, sebanyak 500 kg sudah berhasil dikumpulkan oleh para anggota PPN Lampung. 
 
 
PPN Wilayah Kendal, Jawa Tengah juga ikut serta dalam mendonasikan telur untuk masyarakat terdampak. PPN Kendal memberikan telur sebanyak 1,65 ton pada (3/4). “Telur-telur tersebut kemudian disebar dengan rincian 350 kg untuk tim medis gugus tugas kabupaten, 150 kg untuk tim medis di gugus tugas provinsi, 150 kg telur untuk puskesmas di kecamatan sekitar kami, dan 500 kg telur diberikan kepada organisasi keagamaan,” terang Ketua PPN Kendal, Suwardi. 
 
 
PPN Kendal juga mendirikan 50 unit tempat cuci tangan yang ada di tempat umum. Selain itu, pada (29/4), PPN Kendal dan Koperasi Ternak Unggas Sejahtera Kendal, bekerjasama dengan PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk (CPI) Semarang memberikan bantuan berupa 200 paket bahan pokok yang berisi telur dan beras. Bantuan diberikan untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Sukorejo, Jawa Tengah.  
 
 
Sementara itu, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Japfa) menyerahkan bantuan senilai Rp 700 juta yang berupa bahan makanan protein hewani untuk tim medis melalui BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di Jakarta (26/3). Bantuan dilakukan melalui program Japfa Peduli sebagai bentuk aksi cepat tanggap mendukung pemerintah mengatasi pandemi ini.
 
 
Bantuan ini diberikan melalui beberapa anak perusahaan Japfa. Untuk telur dan daging ayam diberikan oleh PT Ciomas Adisatwa, tempura udang oleh PT Suri Tani Pemuka, dan liquid egg disediakan oleh PT Intan Kenmayo Indonesia. Perusahaan lainnya yang berada di bawah naungan Japfa seperti Griendfields dan So Good Food juga masing-masing memberikan bantuan berupa susu cair dan produk olahan ayam. 
 
 
“Kami akan terus memantau perkembangan pandemi ini dan membantu aksi untuk pemerintah. Semoga Indonesia dapat segera melewati keadaan ini dan kami berharap akan lebih banyak pihak yang mengulurkan tangan dan bersinergi dalam mengatasi pandemi Covid-19,” ujar Direktur Corporate Affairs Japfa, Rachmat Indrajaya. 
 
 
 
Selengkapnya baca di majalah TROBOS Livestock Edisi 248/Mei 2020
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain