Jumat, 15 Mei 2020

Drh. Ayatullah Muhammad Natsir: Resep Sukses Kontrol Newcastle Disease di Broiler Komersial

Drh. Ayatullah Muhammad Natsir: Resep Sukses Kontrol Newcastle Disease di Broiler Komersial

Foto: 


Kerugian ekonomis akibat adanya outbreak Newcastle Disease (ND) sangatlah banyak baik pada ayam pembibit, broiler (ayam pedaging) komersial ataupun layer (ayam petelur) komersial. Penyakit ND sangat mudah dikenali dari sisi gejala klinis yaitu salah-satunya munculnya gangguan syaraf tortikolis. 
 
 
Berdasarkan data survei yang dilakukan oleh tim Ceva Indonesia pada 2019, persentase kasus ND mencapai 27 % dari total 592 kasus penyakit yang dilaporkan. Laporan kasus terbanyak terjadi pada periode Juni-Juli 2019 yang notabene bulan tersebut adalah musim kemarau (gambar 1).
 
 
Pada ayam pedaging komersial, seringkali penyebabnya akibat keterlambatan munculnya kekebalan maksimum disaat peningkatan tantangan ND di lapangan. Hal ini disebabkan: 
 
- Adanya interferensi kekebalan asal induk terhadap vaksin ND killed yang menyebabkan mundurnya terbentuknya kekebalan 
- Kualitas aplikasi booster vaksin ND live di farm yang tidak optimal atau tidak dilakukannya vaksin booster ND live di farm 
 
 
Sukses Kontrol ND dengan Vectormune ND 
Pada pengamatan di 9 juta ekor broiler komersial di Indonesia, Vectormune® ND memberikan perlindungan maksimum yang terlihat dari penurunan total kematian akibat penyakit ND sekitar 4,6 % yang secara langsung meningkatkan berat badan ayam panen dan penurunan FCR (konversi pakan) dengan selisih total yang diselamatkan oleh Vectormune® ND sebesar Rp 3.264. 
 
 
Vectormune® ND adalah vektor vaksin yang mempunyai kele¬bihan dibandingkan vaksin ND killed yaitu tidak ada interferensi oleh kekebalan asal induk dan gertakan kekebalan yang lebih lengkap. Hal ini membuat perlindungannya akan lebih cepat dan lebih kuat dibandingkan vaksin ND killed.
 
 
Perlindungan Maksimum Vectormune® ND 
Team Ceva Indonesia melakukan monitoring trial Vectormune® ND di ayam pedaging komersial di berbagai sentra perunggasan di wilayah Jawa dan Sumatera. Pemilihan farm yang digunakan untuk trial berdasarkan atas sejarah kasus ND di farm broiler tersebut yang terkonfirmasi pengecekan serologis baik ayam sehat ataupun sakit dan dilanjutkan test molekuler (PCR) disaat flok mengalami gejala ND.
 
 
Dua parameter utama dalam monitoring perlindungan maksimum antara Vectormune® ND dibandingkan ND killed yaitu performa, yang mencerminkan perlindungan gejala klinis dan titer ND, yang akan mencerminkan perlindungan terhadap shedding.
 
 
Perlindungan Terhadap Gejala Klinis atau Technical Performa
Kedua group tersebut mempunyai rata-rata panen di umur 31 hari (grup ND Killed) dan 32 hari (grup Vectormune® ND). Secara nyata, Vectormune® ND memberikan perlindungan maksimum yang terlihat dari penurunan total kematian akibat penyakit ND sekitar 4,6 %, penurunan kematian ini secara langsung akan meningkatkan performa lainnya yaitu peningkatan berat badan dan penurunan FCR. Pada tabel dibawah ini menjelaskan selisih performa di kedua group tersebut.
 
 
Perlindungan Terhadap Shedding Virus ND Lapangan
Perlindungan shedding dari tantangan lapangan tergambarkan dengan adanya penurunan titer ND disaat panen pada grup Vector¬mune® ND dibandingkan grup ND killed (gambar 3). Flok ayam yang terpapar oleh virus ND secara normal akan mengalami peningkatan titer ND dibandingkan titer baseline nya dan sangat mudah diamati jika pengambilan sampel darah di masa panen atau 30 hari keatas. Pada pengamatan tersebut, titer ND pada grup yang menggunakan ND killed terlihat lebih tinggi 1,4log 2 dengan rata-rata umur sampling yang sama (umur 33 hari). 
 
 
Gambaran titer ND pada flok yang menggunakan ND killed (gambar 4) terlihat didominasi titer dengan rataan lebih tinggi dibandingkan titer ND rata-rata 2,3log 2 dibandingkan flok yang menggunakan Vectormune® ND. Selain itu, titer ND ini menunjukkan bahwa trial Vectormune® ND dilakukan dominan pada kondisi lapangan yang tingkat tantangan ND nya sangat tinggi.
 
 
Sangat nyata, Vectormune® ND akan mengontrol penyakit ND melalui perlindungan klinis dan shedding yang lebih baik dibandingkan ND killed di broiler komersil. 
 
 
Keuntungan Ekonomis Vectormune® ND 
Penghitungan ekonomis ini merupakan kerugian yang terselamatkan akibat perlindungan maksimum dari Vectormune® ND dibanding¬kan periode sebelumnya saat menggunakan ND killed. Berdasarkan penurunan kematian, berat badan dan konversi pakan, selisih total yang diselamatkan Vectormune® ND setelah dilakukan adjustment di umur yang sama yaitu Rp 3.264. TROBOS/Adv
 
 
*Technical and Marketing Manager PT Ceva Animal Health Indonesia
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain