Rabu, 1 Juli 2020

Prof Dwi Sunarti: Kiprah MIPI untuk Perunggasan

Prof Dwi Sunarti: Kiprah MIPI untuk Perunggasan

Foto: 
Prof Dwi Sunarti

Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia (MIPI) adalah salah satu asosiasi perunggasan yang mewadahi anggota dari World’s Poultry Science Association (WPSA) di Indonesia yang didirikan di 1992. Ruang lingkup kegiatan MIPI adalah mencakup tiga aspek, yaitu penelitian, pendidikan dan organisasi. Adapun visi dari MIPI adalah menjadi organisasi profesi yang mampu berperan aktif dalam dunia perunggasan nasional.
 
 
Sudah menjadi misi dari MIPI untuk dapat menjembatani kebutuhan industri dan usaha di bidang perunggasan dengan lembaga pendidikan dan penelitian. Selain itu, turut meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang perunggasan serta berperan aktif dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh dunia perunggasan nasional. 
 
 
Dalam mendukung pengembangan serta pemanfaatan sumber daya genetik unggas yang ada di Indonesia, MIPI merasa perlu untuk bekerjasama dengan lembaga penelitian maupun perguruan tinggi melalui forum-forum ilmiah dan semi-ilmiah. Hal ini berkaitan dengan salah satu misi MIPI yaitu menjembatani kebutuhan industri dan dunia usaha perunggasan dengan lembaga pendidikan dan penelitian.
 
 
Dalam beberapa tahun terakhir semangat MIPI telah menggelar berbagai kegiatan dengan semangat dan animo stakeholder yang jauh lebih baik guna memberikan informasi terkini tentang perunggasan. Hal ini sesuai dengan tujuan MIPI untuk menjadi wadah yang bersahabat dan bisa menyatukan kepentingan antara lembaga pemerintahan, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan pelaku industri perunggasan. Apalagi banyak perusahaan perunggasan yang terkait MIPI sudah cukup terbuka menyampaikan beberapa data sehingga interaksinya menjadi lebih baik. 
 
 
Selain itu, ada ketertarikan dari para pelaku usaha kuliner yang ingin memanfaatkan wadah MIPI sebagai media promosi harus disambut dengan baik. Termasuk para peternak yang sudah maju yang membutuhkan informasi terkini tentang perunggasan bisa melalui MIPI. Harapannya, para pelaku usaha ini bisa ketemu dengan banyak pihak yang bisa menyalurkan pencapaian yang sudah diraihnya. 
 
 
Ke depan diharapkan, stakeholder yang ingin informasi apa saja tentang perunggasan ada di MIPI dengan interaksi yang sangat baik sehingga ke depan keberadaan organisasi ini akan lebih baik. Yang paling penting adalah generasi milenial bisa mengambil alih kepengurusan MIPI agar akselerasi kegiatannya bisa lebih cepat dan bisa berinteaksi baik di dalam maupun luar negeri. 
 
 
Kabar baiknya, MIPI sudah bisa lebih banyak membuka diri di forum internasional dan ini kesempatan yang sangat baik. Alhasil, WPSA memberikan kepercayaan kepada Indonesia sebagai tuan rumah 7th World Waterfowl Conference (WWC) di 2022. 
 
 
Harus diakui, kita punya kekayaan yang luar biasa dengan unggas air ini yang perlu dioptimalkan potensinya ke depan. Harapannya, perunggasan di Indonesia secara keseluruhan bisa berkembang dan mampu memasok dunia. 
 
 
Untuk itu, salah satu misi MIPI di tanah air yaitu menjembatani antara akademisi, peneliti, pemerintah, dan pelaku usaha sebagai pengguna dari teknologi akan terus dilakukan. Kita mengetahui, wadah atau asosiasi untuk ayam ras sudah banyak dan kuat, wadah untuk unggas lokal sudah ada, dan MIPI bisa berperan menjembatani dan mengkonsolidasikan keduanya menjadi satu kekuatan agar tidak berjalan sendiri-sendiri. Setelah itu, diharapkan MIPI mampu membuka jaringan yang lebih luas di kancah internasional seperti salah satunya memberanikan diri menjadi tuan rumah 7th WWC. 
 
 
Kami berharap ke depan, MIPI bisa lebih eksis dan lebih dikenal perannya di Indonesia. Untuk itu, rasa memiliki MIPI perlu terus ditumbuhkan dan dijaga oleh semua anggota. Juga yang tidak kalah pentingnya adalah peran aktif seluruh anggota di berbagai daerah agar kegiatan MIPI lebih semarak lagi. Para anggota pun diharapkan selain membawa nama institusinya juga bisa sekaligus membawa nama MIPI di berbagai kegiatan baik di kancah nasional maupun internasional. 
 
 
Semoga MIPI menjadi lebih besar pengaruh dan manfaatnya sehingga banyak stakeholder yang merasa memiliki dengan harapan ingin mendapatkan sesuatu yang baru. Juga setiap anggota punya sesuatu yang ingin disampaikan dalam organisasi ini sehingga ada saling memiliki dan merasakan manfaat dari keberadaan MIPI. 
 
 
Sebagai forum komunikasi yang lebih informal antara lembaga pemerintah, akademisi, peneliti, dengan pengguna diharapkan MIPI semakin berkembang sehingga semua stakeholder menjadi semakin maju dan saling bekerja sama. Jayalah perunggasan Indonesia ! TROBOS 
 
 
 
*Guru Besar Fakultas Peternakan dan Pertanian 
Universitas Diponegoro
Ketua Umum MIPI
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain