Rabu, 1 Juli 2020

Sanfed UltraŽ Sebagai Agen Toxin Binder

Sanfed UltraŽ Sebagai Agen Toxin Binder

Foto: 
Gambar 1. Efek suplementasi attapulgite terhadap performa broiler (Tzora et al. 2017)

Penggunaan attapulgite yang merupakan komponen aktif dalam Sanfed Ultra® dapat mengurangi risiko penurunan performa ternak
 
 
Kualitas bahan pakan merupakan parameter penting yang perlu diperhatikan karena harga pakan menempati porsi sampai 70% dari total biaya produksi, sehingga faktor efektivitas dan efisiensi perlu dioptimalkan. Cemaran mikotoksin pada bahan pakan seringkali tidak dapat dihindari pada saat dilakukan pemanenan, distribusi dan pengolahan. Mikotoksin merupakan senyawa beracun yang diproduksi oleh jamur tertentu, seperti Aspergillus, Penicillium, Fusarium dan Alternaria. Terdapat beberapa jenis senyawa mikotoksin, diantaranya Aflatoksin, Fumonisin, Okratoksin, Deoxynivalenol dan Zearalenone. Senyawa racun ini dapat menurunkan nilai nutrisi pakan dan berdampak negatif terhadap status kesehatan ternak. 
 
 
Munculnya gejala keracunan mikotoksin relatif beragam, dian¬taranya muntah, diare, adanya luka pada rongga mulut, penurunan nafsu makan, serta melambatnya pertumbuhan. Tingkat keparahan keracunan mikotoksin bergantung pada akumulasi dari intensitas dan waktu penyebaran racun. Selain itu, residu mikotoksin dapat ditemukan pada produk-produk ternak, seperti daging, susu dan telur. Hal ini tentu akan menjadi masalah baru bagi kesehatan manusia yang mengonsumsi produk-produk ternak tersebut. Sehingga, untuk mencegah penyebaran mikotoksin pada pakan dan tubuh ternak, diperlukan senyawa toxin binder (pengikat racun).
 
 
Agen Toxin Binder dan Anti Diare 
Sanfed Ultra® merupakan produk dari Geohellas S.A., Yunani yang didistribusikan oleh PT. Nutricell Pacific dengan nomor registrasi KEMENTAN RI No. I.19065966 FTS. Konten Sanfed Ultra® adalah 100% attapulgite clay (hydrated magnesium aluminium silicate). Adapun mekanisme kerja dari Sanfed Ultra® berperan sebagai agen oleophilic (toxin binder) dan hydrophilic (anti diare). Attapulgite akan menyerap air, racun dan bakteri sehingga organ-organ pada saluran cerna dapat bekerja optimal. 
 
 
Attapulgite merupakan mineral tanah liat yang digunakan pada beberapa industri. Keunikan attapulgite terletak pada porositas dan luas permukaannya yang sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh struktur magnesium silikat yang menyerupai sarang lebah dengan lubang-lubang di permukaannya, sehingga memungkinkan senyawa tersebut untuk mengikat racun (polar dan nonpolar). 
 
 
Penggunaan attapulgite yang merupakan komponen aktif dalam Sanfed Ultra® dapat mengurangi risiko penurunan performa ternak. Selain untuk ternak unggas dan babi, Sanfed Ultra® dapat digunakan untuk suplementasi pakan ruminansia. Berdasarkan data di bawah ini, terlihat bahwa suplementasi attapulgite memberikan pengaruh positif terhadap parameter produksi dan kualitas susu ternak perah.
 
 
Adapun dosis rekomendasi penggunaan Sanfed Ultra® untuk unggas ada pada rentang 1 – 2 kg/ton pakan, untuk babi 15 kg/ton pakan, sedangkan untuk ternak sapi 10 kg/ton pakan. TROBOS/Adv
 
 
 
Amalia Ikhwanti, S.PT, M.Si
Technical Commercial Specialist PT. Nutricell Pacific 
amalia.ikhwanti@nutricell.co.id
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain