Selasa, 15 September 2020

Inilah Sistem Penilaian Kontes Sapi Perah Semi Virtual Fapet UGM

Inilah Sistem Penilaian Kontes Sapi Perah Semi Virtual Fapet UGM

Foto: ist/dok.FapetUGM


Yogyakarta (TROBOSLIVESTOCK.COM). Fakultas Peternakan (Fapet) UGM membuka kartu, sistem penilaian / penjurian kontes sapi perah secara semi virtual yang digelar pada 1-5 September 2020.

 

Ketua Panitia Kontes, Ir Yuni Suranindyah,mengatakan pada Minggu (13/9) kontes digelar bekerja sama dengan Koperasi Sekunder Sarana Usaha Warga Sejahtera Sleman.Proses penjurian dan pengumuman pemenang dilakukan secara daring dan langsung diikuti oleh 72 sapi milik peternak anggota koperasi itu.

 

Tim dari Fapet UGM melihat langsung ke lereng Merapi untuk memilih sapi yang tidak hanya menghasilkan susu dalam jumlah lebih banyak tetapi juga berkualitas. Ketika susu banyak dan baik, dapat diserap pabrik susu di sekitar Merapi. Peternak sapi perah di Sleman mayoritas menyuplai kebutuhan susu di DIY dan sebagian disetor ke pabrik susu di Jawa Barat. Bahkan saat ini ada sebagian susu yang telah disetor ke pabrik susu di Surabaya.

 

Tim juri diketuai oleh Prof Ir Sumadi, IPU,dari Fakultas Peternakan UGM, beserta drhNanang Danardono selaku juri dari Dinas Pertanian Slemanmelakukan penilaian dengan mendatangi peserta. Penjurian lapangan dilaksanakan  dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. Sementara itu, drh Samsu Fikar, juri dari BBPTU Baturraden, melakukan penilaian dari aspek kualitatif secara daring berdasarkan padafoto masing-masing sapi dan hasil penjaringan pengukuran data kuantitatif.

 

Pengumuman pemenang dilakukan secara semi virtual, yaitu melalui live streaming Youtube dan pertemuan langsung pada 13 September 2020 dengan jumlah terbatas dengan mematuhi protokol kesehatandi lingkungan koperasi Samesta, Ploso Kerep, Umbulharjo, Cangkringan. Selain memperoleh sertifikat dan uang pembinaan, sapi pemenang kontes didaftarkan untuk mendapatkan Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB) dari Dinas Pertanian Kabupaten Sleman.

 

Bupati Sleman Sri Purnomo yang hadir dalam acara pengumuman pemenang kontes pada Minggu (13/9) mengatakan, Kabupaten Sleman menyambut baik diselenggarakannya kontes sapi perah dan setuju untuk diadakan kerja sama di masa yang akan datang. Sri Purnomo juga berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Fapet UGM di Sleman dapat ditingkatkan.

 

Sri Purnomo mengatakan, Koperasi Sekunder Sarana Usaha Warga Sejahtera Sleman yang satu bulan yang lalu dikunjungi oleh Menteri Koperasi dan UKM masih perlu dioptimalkan agar mendapat dukungan berupa penguatan modal oleh pemerintah pusat. Dirinya berharap, dengan bimbingan dari Fapet UGM, sapi-sapi perah di Sleman berkualitas baik sehingga para peternak mendapatkan hasil yang lebih baik. ist/ed/ntr

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain