Kamis, 1 Oktober 2020

Vitagold Basemix®: Solusi Solutif untuk Ternak Unggas

Vitagold Basemix®: Solusi Solutif untuk Ternak Unggas

Foto: 


Hasil trial menunjukkan bahwa terdapat extra margin sebanyak 6%. Hal ini merupakan hasil dari adanya optimasi pada saluran cerna, sehingga penyerapan dan metabolisme nutrien lebih baik dan berdampak terhadap perbaikan performa
 
 
PENTINGNYA MIKRONUTRIEN
Perlu kita sadari bahwa mikronutrien sama pentingnya dengan makronutrien. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak, ketiganya dapat dipenuhi dari bahan baku pakan, seperti jagung, dedak, bungkil kedelai (soya bean meal) dan sebagainya. Sedangkan mikronutrien merupakan nutrien yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang relatif kecil, terdiri dari vitamin, mineral, asam amino dan lainnya. Penambahan senyawa mikronutrien tersebut ke dalam pakan merupakan sesuatu yang harus dilakukan dengan teliti dan praktis. Teliti artinya, penambahan senyawa-senyawa tersebut harus dihitung berdasarkan kebutuhan spesies, fase ternak, target produksi serta target keuntungan yang diharapkan, sehingga risiko defisiensi, toksisitas, variability dapat dihindari. Praktis, didefinisikan sebagai suatu cara yang mempermudah dalam menambahkan bahan mikronutrien tersebut ke dalam pakan. Kemudian, beberapa senyawa tersebut dapat disatukan menjadi suatu kesatuan yang dinamakan VITAGOLD BASEMIX®.
 
 
Dalam manajemen pakan ternak unggas, vitamin dan mineral dapat diberikan melalui pakan. Efektivitas dan efisiensi pemberian suplemen dapat dihitung melalui rasio biaya Vitagold Basemix® per kg pakan dan margin yang diperoleh. Produk basemix yang baik harus memiliki jaminan kualitas yang unggul, sehingga rangkaian proses pemilihan bahan baku, produksi serta distribusi patut memenuhi standar yang berlaku. Homogenitas produk VITAGOLD BASEMIX® perlu diperhatikan secara detail, karena hal ini berkenaan langsung dengan sebaran jumlah dan komposisi nutrien yang dikonsumsi oleh ternak.  
 
 
VITAGOLD BASEMIX® (KEMENTAN RI No. D. 19045907 FTS) merupakan produk basemix untuk unggas hasil inovasi dari PT. Nutricell Pacific. Komponen vitamin larut air dan lemak serta mineral yang terkandung dalam VITAGOLD BASEMIX® dapat mendukung fungsi metabolisme tubuh, diantaranya proliferase jaringan dan sel, membentuk kerangka tubuh yang kuat, meningkatkan respon imun, serta membantu metabolisme energi. Selain itu, komponen multi-vitamin dan mineral yang terkandung di dalam VITAGOLD BASEMIX® dapat menurunkan risiko defisiensi mikronutrien pada tubuh ternak. 
 
 
Gambar disamping merupakan hasil trial VITAGOLD BASEMIX®. Hasil trial menunjukkan bahwa terdapat extra margin sebanyak 6%. Hal ini merupakan hasil dari adanya optimasi pada saluran cerna, sehingga penyerapan dan metabolisme nutrien lebih baik dan berdampak terhadap perbaikan performa. VITAGOLD BASEMIX® dapat dicampurkan ke dalam pakan sesuai kebutuhan.
 
 
*amalia.ikhwanti@nutricell.co.id
Technical Commercial Specialist
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain