Rabu, 18 Nopember 2020

Telur Ayam, Menyehatkan dan Bikin Awet Muda

Telur Ayam, Menyehatkan dan Bikin Awet Muda

Foto: ist/ZOOM-FAO


Samarinda (TROBOSLIVESTOCK.COM). Telur ayam memiliki banyak manfaat, diantaranya, mengonsumsi 2 butir telur per hari, akan menurunkan resiko kanker karena mengandung antioksidan.

 

Alfred Kompudu, National Technical Advisor FAO ECTAD Indonesia menyampaikan perihal itu dalam Webinar Hari Ayam dan Telur (HATN) ke-10 serta world egg day oleh Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (PINSAR) Indonesia dengan tajuk “Gizi Ayam dan Telur, Biosekuriti dan Prospek Bisnis Perunggasan” pada Rabu (18/11) yang berlangsung di Kalimantan Timur (Kaltim).

 

Dijelaskannya, kandungan karotenoid pada telur akan menghambat proses penuaan. Indeks glikemik nol pada telur dapat menurunkan berat badan. Selain itu biotin, vitamin B12 dan protein akan sangat baik terhadap kulit dan rambut. Telur juga mengandung omega 3 yang berfungsi dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

 

“Apalagi vitamin A, lutein dan zeaxanthin juga dapat menjaga kesehatan mata. Lalu vitamin B6 menurunkan resiko cacat kelahiran dan kandungan vitamin D serta kalsium mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Yang terakhir terdapat kholin untuk melindungi otak,” ungkapnya.

 

Dirinya pun juga mengakui paada daging ayam sangatlah beragam manfaatnya. Mulai dari terhindar dari anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan kolesterol, memperkuat tulang dan menambah masa otot. Serta penting dalam pertumbuhan anak. Selain itu, terdapat kandungan vitamin B5 yang mampu menghilangkan stress. Adanya mineral serta selenium mampu mengurangi resiko radang sendi atau arthritis. Juga membantu dalam kekuatan gigi beserta metabolisme dalam tubuh dan juga mampu mencegah kanker. 

 

Dia katakan bahwa di dalam 100 gr telur terdapat kandungan energi 162 kkal, protein 12,8 gr, lemak  11,5 gr, karbohidrat 0,7 kg, kalsium 54 mg, fosfor 180 mg, zat besi 3 mg, serta vitamin A dan vitamin B1 masing-masing 900 IU dan 0,1 mg. Sedangkan pada daging ayam per 100 gram terdapat kandungan energi 302 kkal, protein 18,2 gr, lemak 25 gr, kalsium 14 mg, fosfor 200 gr, zat besi 2 mg, serta vitamin A dan vitamin B masing-masing 810 IU dan 0,08. ed/zul

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain