Kamis, 19 Nopember 2020

AINI Gelar Pelatihan Uji Mutu dan Formulasi Pakan

AINI Gelar Pelatihan Uji Mutu dan Formulasi Pakan

Foto: ist/ZOOM-AINI


Bogor (TROBOSLIVESTOCK.COM). Penguasaan pemilihan bahan pakan terkait ketersediaan, harga, kualitas dan kemampuan teknis uji mutu menjadi kunci keberhasilan penyusunan ransum ternak yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik spesifik spesies  maupun strain ternak.

 

Diungkapkan oleh Nahrowi, Ketua Umum Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) menyebutkan pelatihan ini sebagai upaya pengembangan peternakan di Indonesia terkait dengan uji mutu dan formulasi pakan.

 

“Hal itu penting karena selain ternak yang dipelihara mendapatkan nutrien sesuai dengan kebutuhannya. Ketika sudah diformulasikan dengan ransum yang sesuai kebutuhannya tentu tidak perlu mencari bahan pakan yang lainnya,” terangnya dalam membuka Pelatihan Uji Mutu dan Formulasi Pakan Ternak Ruminansia pada Kamis (19/11) melalui aplikasi zoom.

 

Menurutnya, kondisi tersebut akan mempermudah dalam melakukan budidaya ternak. Selain itu, juga pelatihan ini memberikan informasi dalam memprediksi kebutuhan per satuan waktu terkait kualitas bahan pakan dan tentu harganya.

 

Penyusunan ransum saat ini terjadi perkembangan yang tidak hanya mengukur protein kasar tetapi lebih kepada asam amino tercerna. “Mohon doanya dalam waktu dekat ini, AINI berupaya dalam mengembangkan terkait penyusunan ransum. Dulu hanya menganalisis serat kasar lalu berkembang menjadi NDF (Neutral Detergent Fiber) dan ADF (Acid Detergent Fiber). Nanti kita ingin ada persyaratan pembuatan ransum dengan menganalisis serat tercerna dan serat yang tidak tercerna,” ungkapnya.

 

Sedangkan terkait software, kata Nahrowi saat ini sudah berkembang jauh. Kalau dahulu tidak bisa dilakukan secara online namun saat ini sudah bisa dilakukan secara digital dan perkembangan ini harus diikuti dengan seksama.

 

Output-nya peternak tinggal cukup mengggunakan mobile phone sehingga dapat melihat perubahan pakan termasuk formulasinya. Kondisi tersebut harus diikuti dengan sumber daya manusia (SDM) yang paham akan kualitas bahan pakan, nutrisi, fisiologis ternak juga terkait program software yang harus dikuasai dengan selalu mengikuti perkembangan ilmu terutamanya di bidang peternakan,” tandasnya.

 

Pelatihan ini menghadirkan akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University diantaranya Muhammad Ridla, Sofyan, Idat Galih Permana serta Anuraga Jayanegara yang memberikan praktik langsung membuat formulasi pakan melalui software FeedAcces dan WinFeeded/zul

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain