Sabtu, 30 Januari 2021

Transformasi ISPI Menjadi Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia

Transformasi ISPI Menjadi Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia

Foto: ist/dok.ZOOM-ISPI


Bogor (TROBOSLIVESTOCK.COM).Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) bertransformasi menjadi Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia yang tetap disingkat ISPI.

 

Perubahan ini disepakati dan ditetapkan pada pada Kongres Luar Biasa dan Konsolidasi Nasional “Menjadikan ISPI Organisasi Profesi yang Mampu Menjawab Tantangan Dunia Peternakan” di Hotel Aston Sentul Lake Resort & Conference Center, Bogor Jawa Barat (29-30/1). Kongres ini dihadiri 90 persen dari 38 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Perubahan itu telah disahkan dengan perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga ISPI, pada sidang yang dipimpin oleh Didiek Purwanto, Joni Liano dan Muladno.

 

“Banyak yang dibahas dari Kongres Luar Biasa ini seperti AD/ART mulai dari keanggotaan, Pengurus Cabang dan Pengurus Wilayah dll. Namun, hasil yang paling signifikan dalam perubahan AD/ART adalah ISPI menjadi Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia. AD/ART lama harus disesuaikan dengan dinamika saat ini, karena dibuat pada 1968,” ujar Muladno.

 

Didiek Purwanto, Ketua Umum PB ISPI mengungkapkan program insinyur peternakan telah diakui secara resmi sebagai program yang memberikan gelar Insinyur Peternakan dan gelar insinyur profesi di bidang peternakan yang telah resmi masuk dalam jajaran Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

 

Dengan dengan demikian Insinyur Peternakan yang merupakan satu level diatas sarjana peternakan, dan sejajar dengan profesi lain di bidang peternakan seperti dokter hewan.

 

“Perjuangan ini belum selesai, tentunya penyesuaian secara payung hukum dan regulasi kepegawaian masih terus berproses dengan harapan dalam waktu dekat bisa segera ada penyesuaian dan persamaan perlakukan dan kewenangan bagi para Insinyur Peternakan bisa dibakukan,” urainya.

 

Melalui forum ini, Didiek mengutarakan selamat dan kebanggaan yang luar biasa atas prestasi para sarjana peternakan yang telah mengabdikan profesinya, kemampuan serta dedikasinya dalam segala sektor baik sektor formal, informal, akademisi serta eksekutif dan legislatif maupun sektor lain.

 

“Semua ini menunjukkan bahwa profesi peternakan atau sarjana dan insinyur peternakan adalah keahlian serta profesi yang mampu berkiprah di semua sektor,” pungkasnya. ed/ramdan

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain