Rabu, 17 Maret 2021

Kiat Bisnis Abon Ala Dorabon

Kiat Bisnis Abon Ala Dorabon

Foto: ist/dok.pngimage.net


Madiun (TROBOSLIVESTOCK.COM). Olahan daging bertekstur mirip kapas berwarna kecoklatan ini merupakan lauk yang populer di nusantara karena rasanya lezat, praktis dan tahan lama tanpa perlakuan penyimpanan khusus.

 

Pemilik usaha Dorabon, Intin Nurwati mengungkapkan kiat-kiatnya dalam berbisnis abon ini, jika penjualan fokus melalui aplikasi Instagram, perlu dipelajari lebih dalam tentang Instagram marketing. Bagaimana menarik pengikut, membuat konten, serta promo yang menarik supaya Instagram Dorabon dilirik khalayak. Pada akhirnya Intin mempelajari Instagram marketing, terutama yang organik atau yang tidak berbayar dan kuncinya adalah konsisten.

 

“Modal untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), terutama di usaha Dorabon ini, tidak besar. Kami murni dari usaha sendiri, tidak ada dari pihak lain. Itulah mengapa, kami tidak ada sistem konsinyasi, misalkan dengan toko atau mini market yang dibayar di belakang. Sebab, agar uangnya bisa langsung diputar,” tegas Intin.

 

Jika penjualan secara daring (dalam jaringan)/online, Intin menjelaskan, sistemnya transfer dahulu, baru produknya akan dikirim. Selain itu, Dorabon juga memiliki stok aman, artinya untuk karyawan produksi tidak harus masuk setiap hari. Sehingga, kegiatan produksi dilakukan pada saat stok berkurang.

 

“Itu adalah salah satru strategi, supaya modal produksi tidak menumpuk di produk jadi yang belum dijual. Selanjutnya, usahakan mencari langganan untuk membeli bahan baku, yang bisa diajak bekerja sama, supaya harganya bisa lebih miring. Kemudian untuk kemasan, sebaiknya mengambil partai yang besar, sehingga biayanya lebih murah,” jabar Intin.

 

Intin menegaskan, pebisnis harus pintar-pintar, dan bisa saja strategi di bulan ini tidak sama dengan strategi pada bulan berikutnya. Sehingga, strategi menyesuaikan saja seperti di masa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) ini. Guna mendongkrak penjualan, Intin menawarkan paket dan diskon promo melalui reseller, dan juga bisa dropship.

 

“Tentunya, Dorabon telah mengantongi izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) serta halal MUI (Majelis Ulama Indonesia), sehingga lebih terjamin. Kami sudah mengikuti prosedur izin edar produk seperti apa, sehingga kepuasan konsumen merupakan strategi bertahan kami,” kata dia.

 

Intin mengungkapkan, jika ingin tahu lebih banyak tentang Dorabon, pintu utamanya yaitu melalui akun Instagram di @dorabonabonkriuk. Pada kolom bio, tersedia tautan yang bisa mengarahkan konsumen ke website maupun Shopee. Adapun Dorabon menyediakan fasilitas tanya jawab melalui aplikasi Whatsapp, jika ingin berkonsultasi, mendaftar reseller ataupun diskon, dapat mengirim pesan langsung kepada admin.

 

“Untuk omzet rata-rata baru Rp 8 juta per bulannya. Mungkin jika pesanan sedang ramai, bisa mencapai hingga Rp 10 juta, tetapi rata-rata Rp 8 juta per bulan. Harapan ke depan, saya ingin ingin memiliki puluhan karyawan, karena sudah menjadi cita-cita setelah lulus kuliah saya ingin berwirausaha. Saya ingin berdedikasi, membangun, dan berkarya untuk Indonesia dari desa dan ini bukanlah hal yang mustahil, minimal Dorabon dapat menjadi salah satu UMKM kebanggan di daerah,” pungkas Intin. ue/bella   

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain