Senin, 12 April 2021

Silaturahmi Peternak Broiler Sukabumi - Cianjur

Silaturahmi Peternak Broiler Sukabumi - Cianjur

Foto: dok.ramdan


(TROBOSLIVESTOCK.COM). Para pelaku usaha peternakan broiler (ayam pedaging) di wilayah Sukabumi – Cianjur (Suci) menggelar pertemuan di Budiyanto Farm, Sukabumi Jawa Barat, Jumat (9/4).

 

Pertemuan bertujuan sebagai ajang silaturahmi sekaligus mendiskusikan informasi terkini di bidang perunggasan. Budiyanto, pemilik Budiyanto Farm mengatakan, pertemuan secara luring ini dilakukan karena selama ini pertemuan rutin antar peternak dan pelaku usaha peternakan broiler di wilayah Suci hanya dilakukan lewat daring.

 

“Melalui pertemuan dan silaturahmi secara tatap muka supaya antar pelaku usaha lebih erat lagi rasa kekeluargaannya,” tegasnya.

 

Ia menyatakan, dengan pertemuan yang dilakukan secara rutin diharapkan semakin erat kebersamaannya dan lebih kompak. Apalagi persoalan di tingkat peternak selalu menyangkut pada harga live bird (ayam hidup). “Kalau harga ayam hidup bagus, terserah pembeli mau beli dari peternak mana saja,” ujarnya.

 

Selain itu, pertemuan ini sebagai ajang untuk sumbang saran dan motivasi antara para pelaku peternakan broiler. “Kalau kita saling sinergi akan membuat usaha peternakan lebih kondusif dan lebih baik,” katanya.

 

Budiyanto mengenang, bisnis peternakan broiler di periode 2019 – 2020 sangat terpuruk dan kurang bagus sehingga diharapkan di tahun ini bisa lebih baik. Seperti kondisi yang terjadi saat ini harga sedang stabil dan harapannya bisa dipertahankan sampai akhir tahun. “Kami mengapresiasi adanya kebijakan pangkas produksi broiler yang dikeluarkan pemerintah sehingga terpantau pasokan dan kebutuhan ayam berapa,” jelasnya.

 

Ari Subagja, Koordinator Pinsar (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat) Indonesia Area Suci (Sukabumi – Cianjur) mengatakan, pertemuan ini sebagai ajang komunikasi dan koordinasi antar peternak di area Suci. “Dengan pertemuan ini bisa lebih kompak dan kebersamaannya bisa kita jaga dan semakin erat,” ucapnya.

 

Ari menegaskan, pertemuan ini juga untuk mengantisipasi adanya informasi tidak benar di lapangan. “Dengan bertemu secara langsung informasi yang tidak benar bisa ditepis,” tegasnya. ue/yopi

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain