Kamis, 1 Juli 2021

Gerakan Ayo Minum Susu !

Gerakan Ayo Minum Susu !

Foto: Dok. TROBOS
TROBOS Tim Pada saat Membagikan susu ke Panti Asuhan

Kampanye gizi yang digagas TROBOS Group ini diharapkan mampu menciptakan generasi yang sehat, unggul, dan berdaya saing
 
TROBOS Group menggandeng Pemerintah Provinsi dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta serta Industri Pengolahan Susu (IPS) guna meningkatkan konsumsi susu dalam upaya menekan angka stunting yang dikemas dalam bentuk kampanye gizi. Kegiatan ini sebagai wujud perayaan Hari Susu Nusantara (HSN) 2021 yang diperingati setiap 1 Juni.
 
Acara yang digelar pada Rabu (2/6) bertempat di Yayasan Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman, Pejaten Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dibuka langsung oleh Suhadi Purnomo selaku Pimpinan TROBOS Group. Turut hadir Komariah Marullah, Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga PKK DKI Jakarta; Suharini Eliawati, Plt Kepala DKPKP DKI Jakarta; serta Ahmad, Ketua Yayasan Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman.
 
Suhadi menjabarkan bahwa kegiatan ini merupakan puncak rangkaian perayaan HSN 2021. Sebelumnya telah dilaksanakan seminar online bertemakan komitmen industri dalam pengembangan persusuan nasional serta perlombaan berupa twibbon kampanye gizi untuk mengonsumsi susu disertai dengan lomba esai.
 
“TROBOS Group akan selalu berkomitmen untuk memberikan edukasi sekaligus kampanye untuk perbaikan gizi guna menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada berbagai pihak terutama Yayasan Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman serta para sponsor yaitu PT Sarihusada Generasi Mahardika, PT Frisian Flag Indonesia, PT Greenfields Indonesia, PT So Good Food, PT Indolakto, serta PT Yummy Food Utama yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan dengan baik,” tutur Suhadi. 
 
Dalam sambutannya, Komariah menyebutkan, konsumsi susu khususnya di DKI Jakarta masih terbilang rendah sehingga kampanye minum susu seperti ini merupakan kegiatan yang positif. Apalagi susu memiliki banyak manfaat diantaranya menjaga kepadatan tulang dan gigi serta kesehatan jantung. Juga mencegah kanker bahkan jika disertai dengan olaharga, maka akan mampu membentuk kepadatan otot. “Kami berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti di perayaan HSN namun berkelanjutan dengan sinergitas Pemprov DKI Jakarta dan stakeholder persusuan,” pintanya. 
 
Sedangkan Suharini menyatakan, Pemprov DKI melalui DKPKP DKI Jakarta akan selalu berkomitmen untuk mengkampanyekan akan pentingnya konsumsi protein hewani. Salah satunya pada 2018/2019 diselenggarakan pangan murah bersubsidi. Salah satu komoditas yang diberikan ialah susu kepada anak-anak pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP). 
 
Selain itu, DKI Jakarta juga memiliki sentra produksi sapi perah yaitu di daerah Pondok Ranggon, Mampang, serta di Jakarta Pusat (Jakpus). “Meskipun di Jakpus hanya ada 25 ekor, tetapi dengan populasi yang terbilang sedikit, akan bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat DKI Jakarta. Juga dibentuknya kawasan agro wisata merupakan langkah dan upaya yang telah kami laksanakan,” ucap Eliawati. 
 
Sementara itu, Ahmad memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini terutama pihak TROBOS Group. Apalagi merebahnya wabah Covid-19, kegiatan mengonsumsi susu sangat penting terutama dalam menjaga imun serta sebagai upaya meningkatkan konsumsi protein hewani bagi anak-anak yang notabene masih tergolong usia dini agar mampu memiliki daya tahan tubuh sekaligus upaya meningkatkan kecerdasan agar kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.
 
 “Semoga niat baik ini selalu diberi keberkahan, dan terutama TROBOS Group semakin maju dan berkembang lebih pesat lagi. Juga kepada Pemprov DKI Jakarta melalui instansi terkait yang telah berkomitmen dalam menyalurkan bantuan paket susu secara berkelanjutan,” tandas Ahmad.
 
Dalam acara tersebut, TROBOS Group menyerahkan secara simbolik berupa paket susu sekaligus dilakukan minum susu bersama. “Tidak hanya di Yayasan Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman, pembagian paket susu juga dilakukan di 5 wilayah DKI Jakarta diantaranya 3 titik lokasi di Jakarta Selatan, 3 titik lokasi di Jakarta Timur, 2 titik lokasi di Jakarta Utara, 2 titik lokasi di Jakarta Pusat dan terakhir 3 titik lokasi di Jakarta Barat. Total kesuluruhan ada sekitar 3.000 paket susu yang dibagikan di masing-masing wilayah tersebut,” ungkap Suhadi. 
 
Pekerjaan Rumah Bersama
Anggota DPR RI Komisi IV, Luluk Nur Hamidah, menekankan momentum perayaan HSN menjadi penting mengingat masyarakat Indonesia masih belum memiliki kesadaran, kemauan bahkan kemampuan dalam mengonsumsi susu terutama susu segar. Luluk lalu meminta komitmen baik itu industri persusuan, pemerintah, asosiasi bahkan media untuk menggaungkan dan mengkampanyekan minum susu. “Ayo kita gerakkan bersama dan lakukan yang terbaik agar konsumsi susu bukan menjadi barang yang mahal dan tidak terjangkau,” ajaknya. 
 
 
Selengkapnya baca di majalah TROBOS Livestock Edisi 262/Juli 2021 
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain