Kamis, 29 Juli 2021

IPB Salurkan Donasi Darurat Tabung Oksigen

IPB Salurkan Donasi Darurat Tabung Oksigen

Foto: ist/dok.HA-IPB


Bogor (TROBOSLIVESTOCK.COM). Kelangkaan tabung oksigen menyusul gelombang kedua pandemi Covid-19 memanggil IPB University untuk berkontribusi menggalang dan menyalurkan bantuan 120 unit tabung oksigen dan biaya refill sebesar Rp 1,3 miliar.

 

Bantuan itu disalurkan untuk meringankan beban tenaga pendidik, karyawan dan keluarga, mahasiswa serta warga yang terdampak Covid-19 di pusat isolasi mandiri kampus IPB Dramaga.

 

Ketua Umum Aksi Relawan mandiri (ARM) - Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor  (HA) IPB, Ahmad Husein menjelaskan penyerahan dilakukan di Gedung Andi Hakim Nasoetion. IPB Memanggil Darurat Tabung Oksigen oleh ARM HA-IPB ini telah dilakukan sejak 17 Juli 2021 guna merespon almamater tercinta, khususnya dalam penanggulangan kasus Covid-19 yang menimpa para dosen, tenaga pendidik, karyawan dan keluarga, mahasiswa serta warga yang dirawat di pusat isolasi mandiri kampus IPB Dramaga.

 

“HA-IPB dan ARM HA-IPB menggalang dari berbagai alumni, mulai dari DPD, DPC, alumni angkatan jurusan, hingga individual atau alumni, baik di dalam maupun luar negeri,” ungkap dia pada Rabu (28/7).

 

Pada pertemuan khusus yang berlangsung pada 18 Juli lalu, Husein melaporkan, bahwa dilakukan penggalangan dana yang masif di berbagai saluran media sosial. Hal tersebut dalam rangka membantu mengadakan kebutuhan darurat yang disampaikan saat itu, prioritasnya yakni 120 tabung oksigen bagi IPB, berikut dengan permbiayaan pengisian ulang oksigen selama 3 bulan. Pada waktu itu, estimasi biayanya mencapai hingga lebih dari Rp 200 juta.

 

“Dapat kami laporkan, setelah lebih dari sepekan sejak dimulainya penggalangan dana atau donasi, animo dan partisipasi alumni luar biasa tinggi untuk membantu almamater mereka. Sebagai hasilnya selain biaya pengadaan tabung oksigen beserta refill terpenuhi, hasil donasi juga mampu untuk membantu biaya pengadaan makanan atau konsumsi pasien berikut obat-obatan,” kata dia.

 

Lebih lanjut, Husein menginformasikan bahwa dana yang terkumpul dari seluruh komponen alumni hingga 26 Juli ialah sebesar 1.318.435.000, yang terdiri atas pengadaan 120 unit tabung oksigen kapasitas 6 m3, dengan total jumlah 342.500.000.

 

Selanjutnya, pengadaan 60 unit regulator dengan biaya Rp 72.000.000, pengadaan 500 unit selang oksigen nasal canulla dan 100 selang oksigen masker dengan total biaya 9.500.000, pengadaan biaya refill tabung osigen selama 3 bulan dengan jumlah Rp 360.000.000, bantuan biaya makanan pasien selama 3 bulan dengan jumlah Rp 420.000.000 dan terakhir bantuan obat-obatan dengan jumlah Rp 114.435.000.

 

Bantuan-bantuan tersebut berasal dari total 414 penyumbang dan tidak kurang dari 58 komunitas ataun elemen alumni. “Dalam kesempatan ini kami pihak IPB dan juga ARM menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada alumni angkatan 9 sampai 44. Yang sangat membantu ialah adik-adik alumni yang muda angkatan 50, 51, dan 52 juga turut berkontribusi,” sebutnya.

 

Berikutnya, dari elemen DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dan DPC (Dewan Pimpinan Cabang), Husein mengucapkan terima kasih kepada DPD Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Aceh, Bali, Maluku Utara dan DPC Belitung Raya serta Malaysia.

 

Dari alumni fakultas, terdapat DPK Fakultas Kehutanan, DPK Fakultas Kedokteran Hewan, Hanter (Himpunan Alumni Fakultas Peternakan), DPK Fakultas Teknologi Pertanian. Di luar itu, IPB juga mendapatankan bantuan yang luar biasa dari PGA (Persatuan Golf Alumni) IPB, PT Antam , PT IDES Warga Perumahan Dosen Kampus IPB Dramaga, Karyawan PT Antam, Komunitas Alumni Sumatera Utara, Filma, PPLH, LPM IPB, Lap. APLG Fahutan, EMPT Sekolah Bisnis IPB, Banyumas Raya serta seluruh alumni IPB yang secara individual ikut berkontribusi.

 

“Kami berharap semua donasi dan bantuan di atas dapat bermanfaat untuk membantu menyelamatkan nyawa dan kesembuhan seluruh pasien isolasi mandiri, yang kini telah berjuang memenangkan hidup melawan Covid-19. Semoga Allah SWT meridhoi usaha yang kita lakukan ini,” pungkas Husein. ed/bella

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain