Kamis, 30 September 2021

Transfer of Knowledge dari Industri ke Kampus

Transfer of Knowledge dari Industri ke Kampus

Foto: ist/dok.IPB


Bogor (TROBOSLIVESTOCK.COM). Hibah closed house berkapasitas 20 ribu ekor dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPI) kepada Institut Pertanian Bogor (IPB) University diharapkan menjadi sarana transfer of knowledge pada kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

 

Dekan Fakultas Peternakan IPB University - Idat Galih Permana, menyatakan hibah kandang tertutup senilai Rp 1,7 M ini menunjukkan integrasi dan kerja sama industri dengan perguruan tinggi.

 

Diuraikannya, broiler closed house ini telah menggunakan teknologi terkini dalam manajemen budidaya broiler. Dengan kapasitas 20 ribu ekor per periode yang dilengkapi dengan berbagai sistem yang baik seperti feeding system, watering system termasuk cooling system.

 

“Saya berharap closed houseini selain digunakan untuk bisnis namun juga riset yang menerapkan IoT (Internet of Things),” usulnya saat acara Peresmian Teaching Industry-Broiler Closed Housebertempat di Broiler Closed House Laboratorium Lapangan Blok B, Fapet IPB University Rabu (29/9).

 

Dia mengungkapkan, kerja sama iniakan memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa Fapet IPB University apalagi dengan adanya program MBKM. Jika mahasiswa melaksanakan magang di tempat ini, tentunya akan mendapatkan knowledge dan skill terkait dengan pengelolaan industri perunggasan yang salah satunya berhubungan dengan nutrisi pakan dengan standar yang modern.

 

“Kita bisa menggunakan juga untuk fasilitas pembelajaran khususnya di dalam mata kuliah budidaya ternak unggas maupun nutrisi unggas,” ujarnya.

 

Senada dengan Idat, Arif Satria Rektor IPB University mengatakan sinergitas antara industri dengan perguruan tinggi merupakan wujud proses pembelajaran. Dengan kondisi yang serba cepat ini, tuntutan untuk terus belajar menjadi hal yang wajib agar tetap bisa survive. Oleh karena itu, kerja sama ini memiliki makna yang amat besar terutama bagi IPB University untuk memiliki sentuhan-sentuhan rill yang berkaitan dengan industri perunggasan yang semakin berkembang.

 

“Mahasiswa pun bisa merasakan dan mengikuti perkembangan terkait industri perunggasan. Nantinya, setelah lulus kemudian menjadi bagian industri sudah kompatibel yang sesuai dengan kompetensi dan skillnya,” terangnya.

 

 

Presiden Komisaris CPI, Hadi Gunawan Tjoe menambahkan bahwa closed house ini merupakan hibah kedua untuk IPB University. Dia berharap akan terjadi transfer pengetahuan terkait dengan teknologi closed house. Mahasiswa akan mendapatkan ilmu budidaya broiler yang modern dengan teknologi yang baru untuk meningkatkan optimasi budidaya.

 

Closed house ini bertujuan agar manajemen budidaya dapat dilakukan secara efisen, produktif dan lebaih aman dari ancaman penyakit hewan. Serta memberikan kualitas produk unggas yang lebih baik sekaligus upaya mewujudkan kemajuan industri perunggasan nasional,” tandasnya. ed/zul

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain