Sabtu, 27 Nopember 2021

Puslitbangnak Gelar Diskusi Integrasi Komoditas Jagung - Sapi

Puslitbangnak Gelar Diskusi Integrasi Komoditas Jagung - Sapi

Foto: ist/dok.Balitbangtan


Sumbawa (TROBOSSLIVESTOCK.COM). Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan menggelar Focus Group Discussion bertema "Model Kelembagaan dan Proses Bisnis RPIK Jagung - Sapi" di aula rapat kantor Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumbawa pada 24 November 2021.

 

Kepala Bappeda Sumbawa Junaidi mengatakan Badan Litbang Pertanian sangat berarti bagi kita yang berada di daerah ini yang memerlukan informasi teknologi pertanian untuk masa depan anak cucu kita nantinya.

 

Prof Ismeth Inounu yang mewakili Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan menuturkan bahwasanya FGD ini digelar dalam rangka menyusun 'master plan' Riset dan Pengembangan Inovatif Kolaboratif Jagung - Sapi yang lokasinya berada di desa Labangka, kabupaten Sumbawa.

 

"Kita berharap dalam forum ini mendapatkan diskusi yang baik dan tepat untuk mendapatkan master plan tentang RPIK di Sumbawa ini kedepan nantinya" jelasnya.

 

Dalam FGD ini terdapat dua sesi paparan, sesi pertama narasumber diantaranya Astu Unadi (BBMektan) memaparkan "Pengelolaan Mesin Pengolah Pakan Sapi Berbasis Biomasa Tanaman Jagung", I Putu Cakra Putra A (BPTP NTB) dengan paparan "Model Bisnis Penangkar Varietas Unggul Benih Jagung", dan Jati Purwani paparannya "Model Bisnis Pengelolaan Usaha Kompos dalam Kawasan Integrasi Jagung - Sapi".

 

Sementara itu, sesi kedua dimulai dengan Prof Dahlanuddin (Fakultas Peternakan, Universitas Mataram) memaparkan "Rekayasa Kelembagaan Model Korporasi dalam RPIK Integrasi Jagung - Sapi", Ir Didiek Purwanto IPU (PT KASA Lampung) dengan materi "Model Bisnis Usaha Sapi Berbasis Korporasi dalam Integrasi Jagung - Sapi" dan Jumaidi (KTT Jaya Makmur) "Penguatan Kelompok Petani - Peternak dalam RPIK Jagung – Sapi".ist/ed/ramdan

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain