Rabu, 12 Januari 2022

Lypozyme, Solusi Sumber Energi Pakan yang Mahal

Lypozyme, Solusi Sumber Energi Pakan yang Mahal

Foto: dok.istimewa


Jakarta (TROBOSLIVESTOCK.COM).Harga bahan pakan sumber energi  yang akhir-akhir justru lebih mahal dibandingkan dengan harga bahan pakan sumber protein, menjadi problem yang harus diurai oleh industri  pakan unggas.

 

Hal itu terungkap pada webinar yang digelar pada ulang tahun Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) ke-69 pada Jumat (7/1).  Webinar bertema “Energi Mahal, Peranan Lypozyme Memaksimalkan Energi dalam Pakan” itu merupakan kerja bareng PDHI dengan PT Samyou International– perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan dan nutrisi hewan.

 

Dimoderatori oleh Wakil Sekretaris Jenderal II PB PDHI - Andi Wijanarko, seminar daring ini menghadirkan Konsultan Nutrisi dan Teknologi Pakan- Prof Budi Tangendjaj,  National  Marketing Manager PT Samyou International– Daniel dan Technical Director of Animal Nutrition Application of Mianyang Habio Bioengineering- Zhang.

 

Prof Budi menjelaskan bahwa nilai energi dari lemak kasar yang terkandung pada minyak memang tinggi namun kecernaannya pada ayam terbatas. Terutama pada ayam yang berumur 7 hari pertama tidak mampu mencerna lemak kasar dengan baik karena belum sempurnanya organ pembentuk enzimlipase yang mengakibatkan ayam mengalami diare.

 

Mengatasi persoalan tersebut, menurut Prof Budi strategi yang dianjurkan yakni menggunakan bahan baku yang berenergi tinggi dan menambahkan enzim lipase untuk membantu memecahkan rantai lemak kasar menjadi energi ekstra yang dapat digunakan ayam.

 

Zhang menambahkan bahwa pihaknya, telah menggunakan enzim lipase yang baik serta teknologi paten untuk menciptakan enzym lipase yang terkandung pada lypozyme. “Walhasil memiliki keunggulan tersendiri yaitu memiliki karakter seperti enzim lipase alami yang diproduksi oleh pankreas hewan,” terangnya.

 

Zhang menegaskan dengan keunggulan tersebut, akan mampu bekerja dalam tubuh hewan dengan maksimal. Tetap efektif bekerja diberbagai jenis pH usus, dan heat resistant.

 

Ia juga memaparkan berbagai cara aplikasi lypozyme yang dapat menghemat biaya produksi untuk menghasilkan jumlah energi pakan yang sama sehingga menambah keuntungan.

 

Sementara itu,Daniel menjelaskan, penggunaan lipozyme di Indonesia sangat baik pada broilermaupun pada layer.ed/zul

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain