Selasa, 1 Pebruari 2022

Webinar Uji Resistensi Antibiotika

Webinar Uji Resistensi Antibiotika

Foto: Istimewa


Wates (TROBOS). Metode sensitire menggunakan prinsip microbroth dilution menghasilkan output pengujian berupa angka MIC (Minimum Inhibitory Concentration). Penggunaan metode ini dibedah pada webinar yang digelar oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Materi pengujian resistensi antibiotika dengan metode sensitire dan deteksi gen resisten menggunakan real time Polymerase Chain Reaction (PCR) disajikan oleh Santi Lestari.
 
 
Santi menyampaikan metode sensitire dengan menggunakan prinsip microbroth dilution, yaitu sejumlah isolat diinokulasikan pada sejumlah kecil media tumbuh yang mengandung antibiotik dengan konsentrasi tertentu. Output pengujian adalah angka MIC yaitu konsentrasi minimum yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri.
 
 
Selain Santi, pada webinar itu tampil pula Rama Darmawan yang melaporkan hasil penyidikan penyakit classical swine fever (CSF) dengan pendekatan faktor risiko dan rerata kontak pada peternakan babi. Keduanya berasal dari internal BBVet, selain itu menghadirkan pembahas yakni Michael Haryadi Wibowo, Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada.zulendra
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain