Rabu, 9 Pebruari 2022

Pelantikan Pengurus DPP HPDKI

Pelantikan Pengurus DPP HPDKI

Foto: Dok. TROBOS Yopi Safari


Karanganyar (TROBOSLIVESTOCK.COM). Pengurus DPP HPDKI (Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia) dilantik oleh Ketua Umum DPP HPDKI, Yudi Guntara Noor di Wonder Park Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah pada (9/2). Kegiatan pelantikan kepengurusan periode 2021 – 2026 ini dihadiri Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Agung Suganda; Bupati Karanganyar, Juliyatmono; serta anggota HPDKI dari berbagai daerah di Indonesia baik secara langsung ataupun secara daring melalui aplikasi zoom.
 
 
Yudi menyatakan, dari sisi ibadah umat Islam, domba dan kambing tidak bisa tergantikan sehingga menjadi komoditas untuk ketahanan ibadah. “Komoditas peternakan ini menjadi kebanggaan bangsa dalam hal kemandirian khususnya di domba dan kambing,” tegasnya. 
 
 
HPDKI, lanjut Yudi, mulai mengajak peternak muda milenial untuk sama-sama menyediakan protein hewani utamanya dari domba dan kambing. “HPDKI siap menyediakan SDM (Sumber Daya Manusia) peternak menuju Indonesia maju 2045,” tekadnya.
 
 
Agung yang memaparkan kebijakan pemerintah untuk pembangunan peternakan domba & kambing di 2022 menyampaikan, banyaknya pengurus HPDKI dari peternak milenial memberikan harapan bagi kemajuan bisnis ini di tanah air. “Diharapkan bisnis di komoditas ini semakin maju ke depan dan pemerintah siap bersinergi dengan HPDKI, perguruan tinggi, perbankan, dan stakeholder lainnya untuk membangun dunia peternakan khususnya di domba dan kambing,” ujarnya. 
 
 
Dengan banyaknya peternak milenial, semua kegiatan harus mulai menggunakan teknologi informasi untuk memberikan berbagai kemudahan. Pemerintah pun terus mendorong untuk mencetak petani muda sebagai regenerasi bukan hanya dalam konteks ketahanan pangan tetapi juga ketahanan ibadah. 
 
 
Agung mengakui, program Gerakan 3 Kali Ekspor (Gratieks) harus diikuti oleh ekspor komoditas domba dan kambing walaupun disadari kebutuhan di dalam negeri juga semakin meningkat. “Potensi kita untuk ekspor sangat luar biasa khususnya ke negara-negara tetangga yang bisa dimanfaatkan. HPDKI bisa mewujudkan korporasi peternak guna menyediakan kebutuhan masyarakat sekaligus mengisi pasar ekspor tersebut,” ujarnya.
 
 
Ia memaparkan data, pemerintah telah menetapkan 10 rumpun atau galur domba seperti domba garut, priangan, dorper, dan kompas agrinak. Sedangkan di kambing, pemerintah telah menetapkan 9 rumpun atau galur seperti kaligesing, kacang, peranakan etawa, senduro, saburai, dan boer. “Klasterisasi yang dibangun HPDKI diharapkan tidak hanya di pulau Jawa tetapi dikembangkan juga di provinsi lainnya. Dan usaha pembibitan yang dijalankan bisa memilih rumpun atau galur yang sudah ditetapkan pemerintah dan HPDKI bisa menjadi motor penggerak perkembangan domba dan kambing Indonesia,” pintanya. 
 
 
Sedangkan Juliyatmono mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan DPP HPDKI dan berharap asosiasi ini bisa semakin eksis dan berjaya menguasai pasar dalam negeri dan dunia. “Saya ikut senang dan bangga karena sebagai pencinta domba dan kambing yang juga ikut memelihara dengan kasih sayang yang luar biasa,” ucapnya.
 
 
Ia melanjutkan, domba dan kambing menjadi komoditas pilihan masyarakat yang memiliki peluang pasar yang terbuka. Karanganyar saja tidak kurang pemotongan 1.000 ekor per hari. “Makanya saya ingin Karanganyar menjadi sentra peternakan domba dan kambing terbesar di Indonesia,” tandas Juliyatmono. 
 
 
Dalam kegiatan ini digelar pula Outlook Peternakan Domba & Kambing 2022 menghadirkan pembicara Ketua Umum DPP HPDKI, Yudi Guntara Noor yang menyampaikan materi tentang kondisi eksisting domba kambing Indonesia Tahun 2022 serta Perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Agustri yang menyampaikan materi tentang membangun peternakan domba kambing berbasis klaster dan korporasi di Jawa Tengah. Outlook ini dipandu oleh Kepala Program Studi Peternakan Universitas Sebelas Maret, Sutrisno Hadi Purnomo. 
 
 
Selain itu, dilakukan rapat pengurus lengkap DPP HPDKI periode 2021 – 2026. Rapat membahas tentang program kerja organisasi. TROBOS/yopi

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain