Kamis, 19 Mei 2022

Prof Akhmad Sodiq Dilantik sebagai Rektor Unsoed

Prof Akhmad Sodiq Dilantik sebagai Rektor Unsoed

Foto: dok.istimewa


Jakarta (TROBOSLIVESTOCK.COM). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim melantik Prof  Akhmad Sodiq sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Masa Jabatan 2022-2026. Pelantikan bertempat di Auditorium Gedung Kemenristekdikti Jakarta, Rabu (18/5).

 

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunci keberhasilan mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar sejak 2020 sampai hari ini merupakan buah dari kolaborasi seluruh pihak dalam mendorong kemajuan Pendidikan Indonesia.

 

Khususnya di tengah upaya untuk bangkit dari pendemi, kolaborasi merupakan kunci utama untuk memulihkan pembelajaran dari dampak learning loss.

 

"Berkenaan dengan hal tersebut upacara pelantikan pejabat yang kita laksanakan hari ini merupakan bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk semakin mengakselrasi kerja sama lintas sektor dan memperluas Gerakan Merdeka Belajar sampai keseluruh penjuru Indonesia," ujar Mendikbudristek.

 

Kepada Rektor, Mendikbudristek berpesan dan menitipkan harapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.  "Ciptakan iklim belajar yang kondusif, aman dari segala bentuk kekerasan, serta memerdekakan mahasiswa dalam mengembangkan potensinya. Berikan hak kepada mahasiswa kita untuk belajar diluar kampus agar Ketika lulus mereka siap menghadapi segala macam tantangan," pesan Menteri Nadiem.

 

Sementara itu, selepas pelantikan, Prof. Akhmad Sodiq mengucapkan terima kasih kepada para kolega sahabat alumni atas atensi dan doa untuk memajukan pendidikan tinggi di Unsoed tercinta.

 

“Semoga Unsoed lebih berkontribusi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia Unggul dan Pengembangan Iptek berbasis Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal. Mohon dukungan semua pihak untuk akselerasi Unsped Merdeka Maju Mendunia,” harapnya.

 

Sebagaimana diketahui, Prof. Akhmad Sodiq merupakan alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 1987. Ia juga terhitung menjadi dekan termuda Fapet Unsoed pada saat dilantik saat itu, yakni berusia 41 tahun. Prof. Akhmad Sodiq menjadi dekan dalam dua periode, dari 2010 hingga 2017.

 

Kelahiran Batang, 28 Januari 1969 ini selain menjadi akademisi juga dikenal memiliki aktivitas sosial kemasyarakatan dan keagamaan. Pada saat menjabat sebagai Dekan Fapet Unsoed, Prof. Akhmad Sodiq juga sempat menjadi Ketua Tim Pendiri Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto. Ketika kampus tersebut mendapat izin operasional pada tahun 2016, Prof. Akhmad Sodiq menjadi Rektor UNU pertama.ist/ue/ramdan

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain