Selasa, 24 Mei 2022

Di Tengah Ancaman Wabah PMK, Pengurus HPDKI Lampung Dilantik

Di Tengah Ancaman Wabah PMK, Pengurus HPDKI Lampung Dilantik

Foto: TROBOS/dok.datuk-lampung


Lampung (TROBOSLIVESTOCK.COM). Ketua Umum Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Pusat Yudi Guntara Noor melantik Pengurus DPD HPDKI Lampung periode 2022-2027 di Bandarlampung, Kamis (19/05).

 

Digelar di tengah ancaman wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sudah merangsek ke Lampung, pelantikan ini mendapatkan perhatian dari Wakil Gubernur Lampung Chusnunia dan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Lili Mawarti dan para pemangku kepentingan lainnya.

 

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur Chusnunia mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan bidang peternakan di seluruh Lampung dan mengajak DPD HPDKI Lampung bersinergi. 

 

"Tentunya kita akan sukses jika kita bersinergi dengan maksimal guna kemajuan bidang peternakan di Provinsi Lampung," ujarnya.

 

Ia berharap, HPDKI bisa bekerja maksimal dan memberikan manfaat untuk seluruh peternak di Provinsi Lampung. Nunik juga mengingatkan, seluruh anggota HPDKI Lampung agar mengedukasi masyarakat betapa pentingnya profesi peternak demi kemajuan bidang peternakan dan kesejahteraan keluarga.

 

Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan beternak merupakan penghasilan sampingan dan bukan merupakan penghasilan utama keluarga.

 

"Ini merupakan pekerjaan rumah kita bersama untuk memajukan bidang peternakan dan menyadarkan masyarakat agar meyakini bahwa bidang peternakan bisa menjadi sumber mata pencaharian untuk kesejahteraan keluarga," pungkasnya.

 

Ia juga mengajak seluruh unsur terkait seperti Pemerintah Kabupaten/Kota, dinas terkait dan HPDKI Lampung untuk bergandeng tangan agar bidang peternakan bisa mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung.

 

Yudi Guntara Noor minta HPDKI Lampung yang baru dilantik untuk segera bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menangani dan mengantisipasi wabah virus PMK. Lalu kepada kepada seluruh DPC yang telah di SK-kan untuk melaksanakan musyawarah guna melengkapi struktur kepengurusan.

 

“Lalu segera susun program kerja di masing-masing bidang, mulai dari bidang pakan, budidaya, hingga pemasaran. Serta menyusun program persiapan Hari Raya Idul Adha seraya menungggu arahan kementerian dan dinas juga DPP agar satu irama,” jelasnya.

 

Ketua HPDKI Lampung Budi Yuhanda menyatakan, siap melaksanakan instruksi DPP HPDKI.  “Hal pertama yang akan dilakukan HPDKI Lampung adalah melaksanakan instruksi DPP terkait penanganan dan antisipasi wabah virus PMK guna membantu pemerintah. Kita akan tempatkan kader-kader kita di gugus tugas pemerintah masing-masing kabupaten dan kota," ujarnya.

 

“Kedua, kami akan menyusun program kerja dan menyiapkan pelaksanaan kurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang. Semoga ibadah kurban di tengah kondisi PMK, bisa berjalan dengan baik," harapnya.

 

Adapun susunan Pengurus HPDKI Lampung terdiri dari Budi Yuhanda (Ketua), Heri Yusmargana (Wakil Ketua 1), Iswandi (Wakil Ketua 2), Rosi Daud (Sekretaris),, Suparman (Bendahara), Zunianto (Bidang Ternak Potong), Sosro Wardoyo (Bidang Ternak Perah), Indra Sofwatama (Hijauan Pakan Terna), Sutikno (Seni Budaya Kambing),  Habib Abdi Al Jabar (Seni Budaya Domba), Mahpud Iskandar (Pemasaran & Pegolahan Hasil Ternak), Boby Arya ( Litbang), Supriyanto (Bidang SDM), Raden Insan (Media),  dan Achmad Paksi Firdaus (Kelembagaan&Organisasi). ed/datuk-lampung

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain