Rabu, 1 Juni 2022

Peternakan Terintegrasi Model Klaster

Garut (TROBOS). Sepanjang 2021, Sektor Pertanian, Peternakan, Perburuan dan Jasa Pertanian turut memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 9,85 % dan mencatatkan pertumbuhan positif mencapai 1,08 % (YoY). Subsektor peternakan sendiri memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional dan mengalami pertumbuhan sebesar 0,34 % (YoY) dengan kontribusi sebesar 1,58 % terhadap PDB.
 
Tingginya potensi ekonomi dari subsektor peternakan ini perlu didorong untuk memberi manfaat yang lebih luas bagi masyarakat, khususnya dalam budidaya ternak domba dan kambing. Hal tersebut dapat diwujudkan salah satunya melalui korporasi peternakan terintegrasi model klaster.
 
Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan sebagai sumber protein alternatif bagi masyarakat, pengembangan peternakan domba dan kambing di Indonesia bertujuan untuk menggerakkan ekonomi pedesaan, korporasi peternakan rakyat, membangun peternakan berbasis budaya, serta menjaga ketahanan ibadah.
Dalam kaitan ternak domba dan kambing dengan ketahanan ibadah, salah satunya terletak pada tradisi akikah yang dilakukan umat muslim. Pangsa pasar industri akikah sendiri tercatat sebanyak 909 ribu ekor per tahun atau mencapai sebesar 14,28 % dari potensi pasar akikah di Indonesia.
 
Selain itu, penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha juga turut berkontribusi. Pada 2021 diketahui konsumsi ternak untuk kepentingan kurban tercatat sebanyak 1,03 juta ekor, di mana 72,73 % diantaranya adalah domba dan 27,27 % kambing. 
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, perlu mendorong pengembangan peternakan domba karena siklus domba yang lebih cepat, sehingga dapat memutar perekonomian rakyat lebih cepat. “Domba siklusnya lebih pendek sehingga diharapkan dapat menjadi substitusi dari sapi dan protein hewani lainnya. Selain itu, hanya membutuhkan modal kerja yang lebih sedikit sehingga dapat dikelola oleh rakyat,” jelasnya saat kunjungan kerja ke Kabupaten Garut pada (21/4). yopi
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain