Rabu, 15 Juni 2022

Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan Resmikan Progran Inovasi

Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan Resmikan Progran Inovasi

Foto: dok.istimewa


Bangkalan (TROBOSLIVESTOCK.COM).  Program inovasi berjuluk Sedekah Hijau Daun dan Menawan Hati diluncurkan oleh Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan - Madura oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan, Mohni, bersama Danrem 084 Bhaskara Jaya (BJ) - Brigjen TNI Widjanarko.

 

Launching kedua inovasi unggulan itu dilakukan di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 di desa Gangsean, kecamatan Sepulu pada Kamis (9/6).

 

Kepala Dinas Peternakan, Ahmad Hafid  menjelaskan Sedekah Hijau Daun yang artinya Sebarkan Dengan Ikhlas Bibit HPT, Hijaukan Bangkalan Dengan Dedaunan Pakan Berkualitas. Pada program Sedekah Hijau Daun ini Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan memberikan bantuan rumput dan bibitnya kepada peternak sapi dan kambing secara gratis. 

 

Sedangkan program Menawan Hati adalah Melaksanakan Pengobatan dan Pemeriksaan Hewan Secara Gratis. "Kita turun ke lapangan didasari permintaan peternak, kita memeriksa dan mengobati memberikan pelayanan pada keluhan peternak secara gratis," imbuhnya.

 

Program Menawan Hati, lanjut Hafid, tak lain demi meningkatkan produktivitas dan kualitas ternak. Sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

 

Dengan kedua inovasi tersebut Wabup Mohni berharap dapat membuat hewan ternak memenuhi syarat atau sehat. Ia juga berpesan agar sapi yang tertular wabah PMK disehatkan terlebih dahulu sebelum dijual atau sebelum disembelih untuk hewan kurban.

 

Sementara itu Danrem 084 BJ Brigjen TNI Widjanarko mengatakan, inovasi Sedekah Hijau Daun dan Menawan Hati merupakan progam pemerintah daerah dalam bidang peternakan yang harus didukung guna meningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Pihaknya meminta kesadaran kepada masyarakat untuk membawa atau mengecek hewan ternaknya ke dinas terkait agar mudah diketahui kesehatannya sehubungan adanya PMK guna mencegah penularan. "Dapat menginformasikan ke Babinsa atau Kepala Desanya agar bisa mendatangkan pihak terkait untuk melakukan pengecekan terhadap hewan ternaknya," ujarnya. 

 

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan obat-obatan hewan ternak, dilanjutkan peninjauan demo pengolahan pakan ternak, pengobatan sapi ternak, pelayanan KB sejuta akseptor dan sasaran fisik TMMD.

 

Turut hadir pula Pa Sahli Pangdam V/Brw Bid. OMSP Kolonel Inf Yudho Warsono, Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Syarifuddin Liwang, S.I.P. Danlanal BPO Letkol Laut (P) Machfud Effendi, M.Tr.Hanla, CHRMP. Pabandya Puanter Mayor Inf Hasan Dasuki.ed/shara


 

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain