Jumat, 1 Juli 2022

Bimtek Vaksin PMK

Surabaya (TROBOS). Bimbingan Teknis Vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) digelar oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur di The Alana Hotel Surabaya, yang dihadiri Direktur Kesehatan Hewan (Dirkeswan), Nuryani Zainuddin serta Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Indyah Aryani untuk memimpin rapat tersebut pada Kamis (16/6).


Rencana vaksin PMK yang diimpor dari Perancis yaitu 3.000.000 dosis. Namun yang sudah bisa digunakan baru 800.000 dosis, sisanya 2.200.000 dosis masih proses kontrak dengan Perancis. Dari jumlah tesebut sebanyak 10.000 dosis telah masuk ke Indonesia dan 1.000 dosis telah masuk di Jawa Timur pada Selasa (14/6).


Adapun vaksin kloter 2 tiba di bandara Internasioal Sukarno-Hatta pada Kamis malam (16/6) dengan total 800.000 dosis. Vaksin PMK dilakukan secara bertahap mulai dari sapi sumber pembibitan, sapi perah milik rakyat dan koperasi susu serta sapi potongpada daerah dengan risiko tinggi.


Untuk hewan yang sudah divaksin akan diberikan ear-tag sebagai penanda bahwa hewan tersebut sudah divaksin. Dalam eartag tersebut terdapat QR code yang berisi identitas hewan, peternak dan petugas vaksinator. Jangka waktu yang dibutuhkan dari pemberian vaksin pertama ke vaksin kedua adalah 6 bulan.bella

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain