Jumat, 12 Agustus 2022

Kampanye GPS (Gerakan Protein Sehat) kepada Para Pelajar

Kampanye GPS (Gerakan Protein Sehat) kepada Para Pelajar

Foto: Istimewa


Bogor (TROBOSLIVESTOCK.COM). Fakultas Peternakan IPB University menggelar Gerakan Protein Sehat (GPS) di MI Swasta YAPEMAS, Kampung Gunung Handeuleum, Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada (12/8). Program tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa sejak 2016 ini melibatkan siswa/i kelas 1-6 dengan 3 kegiatan utama yaitu menggambar ternak (bagi siswa/i kelas 1-3); permainan edukasi tentang pentingnya mengonsumsi protein hewani (bagi siswa/i kelas 4-6); dan makan telur dan susu bersama-sama. 
 
Menurut Ketua Pelaksana GPS, Jidan Ramadani, program ini bertujuan untuk mengedukasi dan memperkenalkan produk peternakan sebagai pangan sumber protein yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Juga sebagai sarana kampanye untuk mengajak masyarakat lebih banyak mengkonsumsi produk peternakan seperti telur, daging, dan susu. “Para peserta sangat antusias mengikuti semua kegiatan. Kami sangat berharap siswa/i lebih memahami tentang peternakan, apa saja jenis produk peternakan dan manfaatnya bagi tubuh, dan tentunya mereka lebih semangat untuk mengkonsumsi produk peternakan setiap hari,” ujarnya. 
 
Ketua Agrianita Fakultas Peternakan IPB University, Dwi Dasawati berharap, kegiatan ini bisa menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk lebih dekat dengan anak-anak dan masyarakat secara umum. Juga mampu mengenalkan pentingnya protein hewani bagi kesehatan dan meningkatkan daya suka masyarakat terhadap produk peternakan. 
 
Koordinator Perkumpulan MIPI (Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia) Komda Jabar, DKI Jakarta, dan Banten, Maria Ulfah menyatakan, masih banyak anak-anak dan masyarakat umum yang belum memahami dengan baik tentang manfaat telur sebagai sumber protein hewani yang terjangkau dan memiliki kandungan gizi telur yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian manusia. Juga sangat besar manfaatnya bagi perkembangan otak, mendukung kecerdasan dan kesehatan anak serta masyarakat. “Ayo makan produk ternak. Kegiatan seperti ini harus menjadi agenda wajib di bidang perunggasan dan bidang peternakan secara umum sepanjang tahun,” ajaknya.
 
Maria berharap, kegiatan edukasi kepada masyarakat seperti ini akan semakin gencar diselenggarakan di berbagai wilayah di Indonesia dengan dukungan lebih banyak pihak. Seperti halnya kegiatan ini yang diselenggarakan dengan konsep sinergi multipihak dengan dukungan para guru dan siswa/i MI Swasta YAPEMAS; Frisian Flag; MIPI Komda Jabar, DKI Jakarta dan Banten; Agrianita Fakultas Peternakan IPB University; dan media massa. TROBOS/yopi

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain