Kamis, 1 September 2022

Inovasi Manajemen Kesehatan Hewan Besar

CEVOLUTION™ dan CEVA LUNG PROGRAM sebagai langkah inovatif Ceva untuk berperan aktif dalam mengurangi risiko resistensi antibiotik yang menjadi masalah yang serius secara global
 
Manajemen kesehatan umumnya akan melibatkan program vaksinasi, medikasi, dan biosekuriti. Idealnya ketiga elemen di atas harus dijalankan untuk mengoptimalkan program pengendalian penyakit di kandang/peternakan. Namun demikian, keterbatasan pengetahuan tentang pentingnya vaksinasi dan lemahnya biosekuriti di banyak peternakan menyebabkan penggunaan antibiotik lebih dominan dan terkadang tidak terkontrol dengan baik.
 
Antibiotik adalah obat vital yang mungkin tidak tergantikan untuk terapi pengobatan penyakit, terutama yang disebabkanoleh bakteri. Untuk menghindari risiko resistensi maka penggunaan antibiotik harus tepat, baik itu secara dosis dan aplikasinya.
 
Antibiotik hanya boleh digunakan sebagai terapi pengobatan ketika individu didiagnosis terjadi infeksi. Dalam keadaan apa pun antibiotik tidak boleh digunakan pada hewan sehat atau sebagai growth promotor.
 
CEVOLUTION™
Dengan meningkatnya kekhawatiran global tentang dampak resistensi antibiotik terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Ceva sejak tahun 2011 mengusung Cevolution dan memposisikan diri sebagai ‘new reference’ dalam penggunaan rasional antibiotik pada hewan.
 
Konsep Cevolution ini bertujuan untuk membantu dokter hewan dan peternak untuk menggunakan antibiotik secara bijak. Fokus Cevolution adalah tersedianya portofolio antibiotik yang lengkap dan pendekatan yang memberdayakan dokter hewan dalam menegakkan diagnosa, sehingga memungkinkan memilih antibiotik yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Ini adalah wujud kepedulian Ceva terhadap lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan hewan.
 
CLAS® Vial
Ini adalah inovasi Ceva terkait kemasan produk. CLAS® ini adalah kepanjangan dari Ceva Layered Anti Shatter, inovasi teknologi dari Ceva dimana botol kemasan produk bukan berupa botol kaca melainkan bahan yang lebih ringan, praktis dan ecofriendly atau ramah lingkungan. Desain botol ergonomis – bentuk khusus yang disesuaikan dengan zona pegangan tangan terbukti memberikan kemudahan dalam handling dan mengurangi risiko terlepas. Tahan gun cangan – uji dilakukan dengan menjatuhkan botol pada ketinggian tertentu untuk menunjukkan ketahanan 100 % terhadap kerusakan/pecah. Botol kaca yang umumnya dipakai memiliki risiko pecah saat jatuh sehingga menimbulkan kerugian ekonomi dan kontaminasi lingkungan. Ringan – CLAS® vial ini 6x lebih ringan dari botol kaca dengan volume yang sama, sehingga penanganan lebih mudah, penyimpanan dan transportasi lebih ekonomis. Stabilitas – masa simpan formulasi injeksi dalam botol CLAS® seringkali lebih lama.
 
Formulasi. Syringeability – Ceva secara dramatis mengurangi viskositas sehingga suspensi lebih cepat dan mudah untuk disuntikkan, bahkan pada kondisi hari yang dingin dengan menggunakan jarum ukuran 21G. Resuspensi – dengan proses pengocokan sedang, suspensi minyak yang umumnya sulit karena mengendap di bagian bawah botol, akan lebih cepat. Hal ini akan memastikan dosis bahan aktif tetap akurat karena endapan mudah diresuspensikan. CEVA LUNG PROGRAM. CLP adalah metodologi dan pedoman sederhana dan efektif yang digunakan untuk menilai kejadian kasus pernapasan ternak babi yang disembelih berdasarkan pengamatan visual dari lesi paru­paru. Pada 2014, CLP diluncurkan di Asia dan digunakan secara massal oleh para pelaku usaha peternakan babi secara global untuk monitoring tingkat keparahan dan dampak dari tantangan Mycoplasma hyopneumoniae (Mhyo) dan Actinobacillus pleuropneumonia (APP) bahkan dalam kondisi infeksi subklinis sekalipun.
 
CLP akan mengidentifikasi faktor terkait prevalensi penyakit pernapasan sehingga membantu dalam mengevaluasi program vaksin dan medikasi yang sudah berjalan, serta menyusun program pencegahan yang lebih baik lagi. Dengan program vaksinasi yang efektif maka penggunaan antibiotik dapat berkurang seminimal mungkin. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan ternak yang dipelihara.
 
Untuk bisa mengakses aplikasi CLP ini, anda bisa download terlebih dahulu via android/IOS dan kemudian menghubungi representative CEVA large animal di lapangan untuk proses aktivasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan aplikasi ini. Untuk perlindungan terhadap Mhyo,saat ini Ceva mempunyai solusi yang berfungsi untuk melindungi ternak babi dari penyakit enzootic pneumonia, yaitu HYOGEN®.
 
Aplikasi pada piglet di lapangan HYOGEN® dapat dilakukan bersamaan dengan CIRCOVAC® pada minggu ke­3 sehingga juga mengurangi stres pada ternak.
Terkait informasi produk antibiotik yang sudah beredar di Indonesia, Ceva telah mendistribusikan Vetrimoxin®L.A – suspensi injeksi amoksisilin long acting 15% untuk penanganan penyakit yang disebabkan oleh organisme yang rentan. Pada babi, diindikasikan untuk mengatasi gangguan karena Pasteurella sp., Streptococcus suis, Haemophilus parasuis, dan Actinobacillus pleuropneumonia, penyakit neonatal, serta infeksi urogenital pada induk.
 
Sedangkan pada sapi, diindikasikan untuk pengobatan infeksi pernapasan yang disebabkan oleh Mannheimia haemolytica dan Pasteurella multocida rentan terhadap amoksisilin. Marbox™ – Marbofloxacin 10 %, larutan injeksi golongan fluoroquinolone berspektrum luas. Pada babi, diindikasikan untuk kasus Metritis, Mastitis, Agalactia (MMA). Sedangkan pada ruminansia, diindikasikan untuk infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh Mannheimia haemolytica, Histophilus somni dan Pasteurella multocida, serta mastitis akut yang disebabkan oleh strain Escherichia coli yang sensitif terhadap marbofloxacin.
 
Cevaxel®RTU – Cetiofur 5 %, injeksi golongan Cephalosporin generasi ke­3 yang berspektrum luas, alternatif untuk organisme yang resisten terhadap beta-laktamase. Pada babi, diindikasikan untuk pengobatan penyakit pernapasan seperti bakteri Pasteurella multocida, Actinobacillus pleuropneumonia dan Streptococcus suis. Sedangkan pada ruminansia bisa digunakan untuk penyakit pernapasan yang berhubungan dengan Mannheimia haemolytica,Pasteurella multocida dan Histophilus somni, Necrobacillosis interdigital (foot rot) yang disebabkan Fusobacterium necrophorumdan Bacteroides melaninogenicus, serta metritis akut pasca melahirkan yang berhubungan denganEscherichia coli, Arcanobacterium pyogenes dan Fusobacterium necrophorum.
 
Jadi, CEVOLUTION™ dan CEVA LUNG PROGRAM adalah langkah inovatif Ceva untuk berperan aktif dalam me ngurangi risiko resistensi antibiotik yang saat ini menjadi masalah yang serius secara global. Gunakan antibiotik secara tepat untuk kesehatan dan kesejah teraan hewan serta manusia di masa depan. TROBOS/Adv
 
drh Bintang Mas Kamdoro
Swine and Ruminant Business Manager
PT Ceva Animal Health Indonesia
 
Referensi :
1. https://www.ceva.com/wpcontent/uploads/2022/02/CevaEconomic-Social-Report.pdf
2. https://www.thepigsite.com/
focus/ceva/4129/ceva-antiinfectives
3. https://www.thecattlesite.com/
news/43240/ceva-helps-vetspromote-responsible-use-ofantiinfectives/
4. https://www.cevolution.org/uk
5. https://www.ceva.asia/Products/Cattle/Anti-Infectives
6. https://www.ceva.asia/Products/Swine
7. https://www.ceva.asia/Products/Swine/Ceva-Lung-Program

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain