Minggu, 4 September 2022

Stabilisasi Harga Telur, Pemerintah Gelar Operasi Pasar

Stabilisasi Harga Telur, Pemerintah Gelar Operasi Pasar

Foto: dok.istimewa


Jakarta (TROBOSLIVESTOCK.COM). Operasi pasar (OP) dalam rangka stabilisasi harga telur ayam ras digelar Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI bersama dengan pengurus Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) pada Jumat (2/9), di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 

Ketua Umum APPSI, Sudaryono menyebutkan, sebelum digerlarnya operasi pasar, harga komoditas telur ayam ras masih bertahan di angka rata-rata Rp 29.000 – Rp 30.000 per kg. Ia mengatakan, dengan adanya operasi pasar ini para pedagang merasa senang lantaran bisa mendapatkan untung dari penjualan telur ayam ras.

 

“Selama harga telur naik mencapai Rp 30.000 per kg penjualan telur menjadi turun, dan stok yang ada kualitasnya menjadi tidak bagus karena lama tak terjual. Alhamdulillah dengan adanya operasi pasar ini pedagang semua senang, masyarakat juga merasakan harga murah, dan diharapkan kedepannya daya beli masyarakat untuk komoditas telur ini bisa kembali normal,” pungkasnya.

 

Tidak hanya itu, para pedagang pasar turut menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang telah membantu pedagang dalam kegiatan operasi pasar ini. Dengan begitu, pedagang bisa mendapatkan untung, dan masyarakat kembali tersenyum dengan adanya harga pangan yang murah.

 

Pada kesempatan tersebut, Sudaryono memerintahkan Ketua Bidang Organisasi APPSI, Don Muzakir serta Pengurus DWP APPSI DKI Jakarta dan Pengurus Komisariat APPSI Pasar Minggu untuk mendampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum APPSI Sudaryono memerintahkan Ketua Bidang Organisasi APPSI Don Muzakir serta Pengurus DPW APPSI DKI Jakarta dan Pengurus Komisariat APPSI Pasar Minggu untuk mendampingi Mendag Zulkifli Hasan dan Kepala Bapanas RI Arief Prasetyo Adi dalam memastikan ketersediaan kebutuhan pedagang pasar terkait harga telur di Pasar Minggu.

 

Don Muzakir menyampaikan kepada Mendag Zulkifli Hasan bahwa APPSI terus bergerak melakukan pembinaan terhadap pedagang pasar melalui berbagai bentuk kegiatan seperti melaksanakan pendidikan kewirausahaan, pengamanan pasar hingga kebersihan pasar. Ia juga berharap pemerintah dapat melakukan pembangunan di kawasan Pasar Minggu.

 

Saat Operasi Pasar Telur berlangsung, Mendag Zulkifli Hasan dan Kepala Bapanas RI Arief Prasetyo Adi menemukan bahwa harga telur di Pasar Minggu masih relatif tinggi, rata-rata masih di atas harga Rp 28.000 per kg. Sehingga pemerintah bergerak cepat melakukan operasi pasar bersama APPSI untuk menyelesaikan persoalan kelangkaan telur dengan menyediakan 20 ton stok telur untuk operasi pasar dengan harga eceran untuk konsumen di Rp 27.000 per kg.ed/shara

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain