Selasa, 20 September 2022

Kandang sebagai Pondasi Kesehatan Ayam

Kandang sebagai Pondasi Kesehatan Ayam

Foto: dok.istimewa


Jakarta (TROBOSLIVESTOCK.COM). Kandang merupakan tempat berlindung bagi ternak dari predator, hujan, panas dan tempat untuk beristirahat. Kandang yang baik dan bersih juga membantu ternak mencapai tingkat pertumbuhan optimal dan menjaganya tetap sehat.

 

Hal itu terungkap pada seminar online ‘Ayam Sehat Dimulali dari Kandang’ pada Kamis (15/9). Saat itu Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Sekjen GOPAN) - Sugeng Wahyudi menerangkan 3 jenis kandang ayam yaitu opened house, semi closed house (modifikasi) dan closed house yang ditandai adanya cooling pad dan inlet.

 

“Mana yang lebih bagus? Saya kira jawabannya sudah pasti closed house jauh lebih baik. Walaupun memang dari segi pembiayaan atau pembuatan infrastruktur kandangnya jauh lebih besar,” ujar Sugeng.

 

Menurutnya, berdasarkan perhitungan sementara atau saat ini, besaran biaya yang dikeluarkan guna membangun kandang closed house itu sekitar Rp 100.000 – 120.000 per ekor. Bisa dibayangkan jika untuk 20.000 ekor ayam pedaging (broiler), berarti dibutuhkan biaya sekitar Rp 2 miliar lebih. Memang tidak mudah untuk bisa membuat kandang closed house, artinya harus ada modal atau pembiayaan.

 

“Peternak-peternak kita saya kira sudah cukup kreatif, sehingga mereka menciptakan kandang semi closed house, yaitu dari open house yang di sana-sini dimodifikasi hingga mempunyai peran yang diharapkan memiliki tingkat kenyamanan jika ayam ada di situ. Besaran biayanya biasanya Rp 40.000 – 50.000 per ekor untuk menciptakan dari open house menjadi semi closed house atau modifikasi,” sebut dia.

 

Apapun jenis kandangnya, Sugeng melanjutkan, baik open house, semi closed house maupun closed house, fungsinya adalah sebagai pelindung dari cuaca, kandang harus nyaman yang ditandai dengan ketercukupan sekam, suhu yang ideal, penerangan kemudian tempat makan dan minum yang tercukupi. Hal yang lebih penting ialah peternak dapat menciptakan area brooding yang sempurna.

 

Sugeng menjelaskan, fungsi kandang secara singkat adalah untuk memanipulasi kondisi lingkungan di dalam kandang sesuai dengan kebutuhan ayam. “Saya kira dari tiga macam kandang tersebut, masing-masing harus memiliki kemampuan atau berfungsi untuk memanipulasi lingkungan kandang, cuaca dan lain sebagainya supaya di dalam kandang ayam-ayam kita bisa nyaman,” tandas Sugeng.ed/bella

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain