Kamis, 29 September 2022

Peternak Bagi-Bagi 1.500 Ekor Ayam Hidup

Peternak Bagi-Bagi 1.500 Ekor Ayam Hidup

Foto: 


Malang (TROBOSLIVESTOCK.COM). Menyikapi harga ayam hidup (live bird) yang anjlok, para peternak mandiri broiler (ayam pedaging) yang tergabung dalam KPUN (Komunitas Peternak Unggas Nasional) melakukan aksi bagi-bagi ayam hidup sebanyak 1.500 ekor kepada masyarakat di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur pada Kamis (29/9). Aksi bagi-bagi ayam hidup secara gratis ini disambut antusias oleh masyarakat dan mendapat dukungan dari para peternak Jawa Tengah.
 
Menurut, M. Fathoni, Koordinator Lapangan KPUN, aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan akibat harga jual ayam hidup yang anjlok di kisaran Rp 13.000 – 14.000 per kg padahal di tingkat konsumen harga karkas masih tinggi diangka Rp 30.000 – 32.000 per kg. Sementara HPP (Harga Pokok Produksi) di kandang menyentuh angka Rp 20.500 per kg.  
 
Peternak broiler mandiri ini menyebut, persoalan kelebihan pasokan (over supply) yang membuat harga menjadi anjlok. Ditambah lagi semua pelaku usaha berebut jualan di pasar becek. “Daripada harga ayam hidup kami ditekan terus oleh broker, lebih baik kami berbagi dengan masyarakat,” tandasnya.
 
Fathoni menuntut pemerintah untuk peduli kepada para peternak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). “Sebagai pahlawan protein hewani yang membantu pasokan ke masyarakat seharusnya pemerintah melindungi kami,” pintanya. TROBOS/yopi

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain