Selasa, 1 Nopember 2022

Kuliah Umum Industri Sapi Potong Jepang

Kuliah Umum Industri Sapi Potong Jepang

Foto: 


Makassar (TROBOS). Kuliah Umum (General Lecture) kerap dilaksanakan oleh beberapa Fakultas guna meningkatkan informasi dan pengetahuan melalui narasumber yang didatangkan dari dalam negeri bahkan luar negeri. Terlebih saat ini jarak sudah tidak menjadi masalah, sebab semuanya serba daring atau dalam jaringan (online). 
 
Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Fapet Unhas) yakni General Lecture dengan topik ‘Self-Sufficient Herbage Production and Cattle Industry based on Grassland in Southern Kyushu, Japan’ pada Kamis (20/10) di Fapet Unhas Makassar, Sulawesi Selatan yang diisi oleh Profesor Ishii Yasuyuki, Department of Animal and Grassland Sciences University of Miyazaki.
 
Dalam sambutannya, Dekan Fapet Unhas, Syahdar Baba menjelaskan Universitas Miyazaki Jepang dan Fapet Unhas memiliki cerita yang panjang. “Banyak dosen yang mungkin sekitar 10 orang dari Fapet Unhas merupakan lulusan dari Universitas Miyazaki. Begitu banyak teman seprofesi yang berkumpul di ruangan ini, sehingga kita bisa memulai kerjasama lain mungkin seperti penelitian atau lainnya di masa depan,” ungkap dia.
 
Adapun dalam sesi utama, Profesor Ishii mengutarakan bahwa peternak sapi potong di Jepang memproduksi rumput dengan berusaha secara swadaya. Kyushu sendiri merupakan pusat industri ternak sapi potong, yang lebih detailnya berada di bagian selatan Jepang, sedangkan Hokkaido terletak di bagian utara Jepang. 
 
“Kita harus berkontribusi dalam industri daging sapi di Kyushu, karena industri daging sapi berpusat di sana. Wilayah Kyushu berkontribusi sebanyak 36 % populasi sapi potong Jepang. Angka tersebut menunjukkan jumlah peternakan sapi yang lebih dari 50 ekor hanya menempati 19 % dari total peternakan sapi nasional,” terang Ishii. bella
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain