Selasa, 29 Nopember 2022

IPB Rilis Ayam IPB-D1 dengan Sistem Free Range

IPB Rilis Ayam IPB-D1 dengan Sistem Free Range

Foto: 


Jonggol (TROBOSLIVESTOCK.COM). Sistem free range merupakan salah satu model pemeliharaan terkini dari produksi ternak ayam yang sesuai dengan konsep kesejahteraan hewan (Animal Welfare). Konsep  animal welfare pada peternakan bermaksud menghindari kekerasan dan eksploitasi yang berlebihan. Salah satu dasar tersebut yang membuat Fakultas Peternakan IPB University melakukan launching "Portable House for IPB-D1 Chicken in Free Range System” yang bertempat di Unit Pendidikan dan Penelitian Peternakan Jonggol (UP3J) Fakultas Peternakan – IPB University (29/11). 
 
Ketua Tim Peneliti, Prof Cece Sumantri menyampaikan bahwa ayam IPB-D1 merupakan ayam lokal komposit yang memiliki pertumbuhan yang cepat serta adaptif terhadap lingkungan. "Ayam ini ketahanan penyakitnya bagus, terutama Newcastle Disease (ND) dan produksi telurnya 40 persen. Setelah uji multilokasi ternyata pertumbuhannya luar biasa. Ayam montok dan tumbuh cepat. Hanya sekitar 10 minggu sudah bisa dipanen," katanya.
 
Sementara untuk sistem free range yang dilakukan Fapet IPB menurut Prof Cece merupakan sistem pemeliharaan ayam umbaran yang terkontrol. Keunggulan sistem pemeliharaan ini antara lain, lebih efisien dalam penyediaan pakan, daya tahan tubuh lebih baik, kualitas daging yang khas serta lebih memperhatikan 'animal welfare'. “Mudah – mudahan kedepan menjadi model terutama untuk menghasilkan ayam organik, tinggal bagaimana mendesain pakannya,” jelasnya.
 
Sedangkan Dekan Fakultas Peternakan IPB University, Idat Galih Permana mengapresiasi kepada Prof Cece dan tim. Sistem pemeliharaan dengan kandang portable di free range ini merupakan pertama kali di tanah air, walaupun di negara lain sudah mulai berkembang. “Negara maju sekarang masyarakatnya sudah sangat peduli terhadap kesehatan, lingkungan dan animal welfare sendiri. Selain itu, sudah banyak yang mengonsumsi makanan yang organik. Sehingga pemeliharaan dengan sistem free range sudah mulai banyak dikembangkan,” paparnya.ramdan 
 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain