Poin Utama Dalam Proses Penyembelihan Ternak

Poin Utama Dalam Proses Penyembelihan Ternak

Foto: Istimewa


Yogyakarta (TROBOSLIVESTOCK.COM). Juru Sembelih Halal (Juleha) pada 2024 akan menjadi mandatory (wajib) dalam melakukan proses penyembelihan ternak halal untuk umum. Ternak Halal adalah semua ternak yang disebutkan dalam Al-Qur’an untuk dikonsumsi seperti domba, kambing, sapi, unta, dan lainnya.

 

Hal ini diungkapkan oleh Edi Suryanto Dosen Department Animal Products Technology, Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dia memaparkan bahwasanya ada beberapa ragam dalam penyembelihan ternak yakni penyembelihan secara Islam (halal slaughtering), penyembelihan secara Yahudi (kosher slaughtering), penyembelihan secara Hindu atau Sikh (Jhatka slaughtering), penyembelihan secara barat (western slaughtering), dan penyembelihan secara adat atau tradisi.

 

“Untuk Juleha harus mempunyai standar kompetensi. Seperti ilmu pengetahuan, ilmu keterampilan, dan perilaku atau attitude. Diatur dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 147 Tahun 2022 tentang Juleha. Juleha dikelompokkan menjadi 3 kategori ialah juleha ruminansia, unggas, dan mamalia halal lainnya. Seseorang dapat mengambil kompetensi pada salah satu atau keseluruhan kategori,”ungkap pria yang akrab disapa Edi

.

Edi menjabarkan pelaku penyembelih halal. Pertama, menerapkan syariat Islam. Kedua, melakukan koordinasi pekerjaan. Ketiga, menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja. Keempat, menerapkan higiene dan sanitasi. Kelima, menyiapkan peralatan penyembelihan. Keenam, melakukan pemeriksaan fisik hewan. Ketujuh, menetapkan kesiapan hewan untuk disembelih. Kedelapan, menerapkan teknik penyembelihan hewan. Kesembilan, memeriksa kelayakan proses penyembelihan. Terakhir, menetapkan status kematian hewan.

 

“Sementara itu, proses penyembelihan saintifik dengan menggunakan aplikasi Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dan heart (terkait dengan hati dan keikhlasan) karena untuk menjalankan tidak sekedar mencari nafkah, tidak hanya memproses ternak menjadi karkas menjadi daging ataupun daging olahan. Tetapi ada yang lebih tinggi untuk peribadatan kepada Allah Subhanahu wata’ala. Sedangkan penyembelihan modern dengan utilisasi (penggunaan) alat, peralatan dan metode mutakhir. Peralatan penyembelih modern ialah menggunakan pisau, pengasah agar pisau tajam, sarung tangan anti sayat, dan lain sebagainya,” papar Edi.roid

 

 

 

 

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain