Sulsel Genjot Produksi Ternak dengan IB

Sulsel Genjot Produksi Ternak dengan IB

Foto: Istimewa


Bone (TROBOSLIVESTOCK.COM). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan memasifkan inseminasi buatan (IB) untuk meningkatkan produksi sapi. Hal tersebut disampaikan Pejabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat mengunjungi peternakan warga yang telah menerapkan inseminasi buatan.

 

Kunjungan dilakukan di Jalan KH Abdul Hamid Lingkungan Tanete, Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Selasa (23/1). Dukungan terhadap peternak juga disampaikan melalui penyerahan bantuan obat cacing cair 200 liter, disinfektan 200 liter, imbuhan pakan 1.000 kg, dan multivitamin 1.500 sachet

 

Bahtiar mengungkapkan, inseminasi buatan sebagai teknik reproduksi yang lebih efisien dan dapat meningkatkan kualitas serta produktivitas ternak sapi. Selain itu, dengan menggunakan inseminasi buatan, peternak juga dapat memilih bibit terbaik untuk pembiakan tanpa harus bergantung pada perkawinan konvensional.

 

Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas sapi yang diproduksi di Sulsel. Serta, akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan industri peternakan dan ekonomi daerah secara keseluruhan.

 

"Saat ini kami sedang berupaya bagaimana meningkatkan produksi peternakan kita. Tercatat jumlah populasi sapi di Sulsel sebanyak 1,4 juta ekor, namun perkawinan masih dilakukan dengan metode kawi alam. Maka kita harus mulai beralih ke IB supaya produksi peternakan kita bisa lbih meningkat," ajak Bahtiar.

 

Sementara, pemilik peternakan, Sudirman, berterima kasih atas kunjungan Pj Gubernur Bahtiar. "Terima kasih telah berkunjung ke kandang saya, melihat sapi kami. Ada 26 ekor ternak, itu semua dari hasil inseminasi buatan. Mudah-mudahan ke depan semakin baik programnya," ungkap Sudirman. Adapun sapi yang telah dikawinkan melalui IB di Bone pada 2023 sebanyak 24.299 ekor.shara

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain