Pionir Produsen Pengolah Susu

Baturraden (TROBOS).Kementerian Pertanian (Kementan) akan menyiapkan Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU HPT) Baturraden sebagai pionir atau pelopor lokasi produksi susu sapi perah yang dapat mendukung program susu gratis nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Kebijakan Pertanian, Sam Herodian dalam kunjungannya ke Baturraden, Jawa Tengah sebagai perwakilan dari Menteri Pertanian, Amran Sulaiman pada Sabtu (27/04).

 

“BBPTU HPT Baturraden memiliki potensi yang besar dari sisi daya dukung lahan dan dari sisi kapasitas produksi. Jika ini dikembangkan, akan dapat memenuhi kebutuhan susu tidak hanya untuk Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah melainkan juga berkontribusi di tingkat nasional. Program ini memberikan dampakmultiplier yang besar terhadap sektor perekonomian secara langsung, yakni sektor industri pengolahan, serta sektor pertanian khususnya bidang peternakan,” ujar Sam.

 

Sebagai informasi, BBPTU HPT Baturraden merupakan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Ditjen PKH Kementan) yang memiliki fungsi utama pembibitan ternak unggul sapi perah, kambing perah dan bibit HPT dengan populasi ternak sebanyak 2.100 ekor sapi perah dan 606 ekor kambing perah, dengan kapasitas produksi susu rata-rata harian sebesar 7.000 liter. Sedangkan kemampuan produksi susu olahan (pasteurisasi) sebanyak 1.000 botol per hari, dengan ukuran 250 ml.

 

Kepala BBPTU HPT Baturraden, Sintong Hutasoit menyampaikan bahwa BBPTU HPT Baturraden memiliki potensi yang besar, dengan daya dukung lahan seluas 241 ha dan kapasitas produksi yang cukup tinggi. “Tugas utama balai ini ialah manajemen pemeliharaan, produksi bibit unggul, serta breeding. Output-nya menghasilkan bibit ternak unggul dan bisa menghasilkan susu yang baik. Sementara untuk menghasilkan bibit ternak yang unggul, kami rutin melakukan uji zuriat,” pungkas Sintong.TROBOS/shara

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain