SV IPB Gelar TNK Innovation Gallery 2024

SV IPB Gelar TNK Innovation Gallery 2024

Foto: Dok by SV IPB University


Bogor (TROBOSLIVESTOCK.COM). Mahasiswa Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak Sekolah Vokasi IPB University sukses menyelenggarakan kegiatan pameran inovasi yang bertemakan ‘Galeri: Gagas Inovasi dengan Literasi’ pada Rabu (5/6). Adapun kegiatan yang berlangsung di Parkiran Kampus Cilibende Sekolah Vokasi IPB,Bogor, Jawa Baratini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas mahasiswa Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak dalam membuat serta menggagas sebuah inovasi yang inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi terkini.

 

Kegiatan ini dibuka untuk umum secara gratis dan dihadiri oleh berbagai pihak dari masyarakat umum hingga mahasiswa berbagai program studi di Sekolah Vokasi IPB. Pameran 120 produk inovasi di bidang peternakan digagas oleh mahasiswa angkatan 58 dan 59 Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak Kampus Bogor dan Sukabumi. Inovasi yang ditampilkan berupa produk jadi atau prototype dan poster. Inovasi yang ditampilkan oleh masing-masing mahasiswa diberikan penilaian oleh para juri dari jajaran Dosen Program Studi Teknologi Manajemen Ternak dan pengusaha di bidang peternakan.

 

Hasil penilaian para juri ialah dengan memilih delapan inovasi terbaik dan satu stan terbaik. Kategori Ruminansia TNK 58 didapatkan inovasi terbaik yaitu Campture (alat untuk mengurai karbon memanfaatkan kerabang telur dan sabut kelapa) dan Sheep Funnel (alat untuk membantu handling ternak domba).

 

Kategori Unggas TNK 58 didapatkan inovasi terbaik yaitu feed additive berbahan air kelapa tua yang difermentasi dan 4 in 1 on broiler poultry (alat untuk membantu pemeliharaan broiler atau ayam pedaging). Sedangkan untuk kategori kelompok ruminansia TNK 59 didapatkan inovasi terbaik, yaitu pengelolaan limbah terpadu berbasis sistem flushing sensor gas metan dan timer, ColliGlow (sabun untuk ternak), Tababing (tali animal welfare untuk domba kambing), GMTech: Green Manure Technology (teknologi pupuk hijau) yang menciptakan pupuk untuk hijaukan lahan pertanian yang terintegrasi dengan peternakan serta stan terbaik yaitu D’Collage (kolase dari limbah bulu domba).

 

TNK Innovation Gallery 2024 juga menyelenggarakan kegiatan talkshow dengan narasumber yang berkecimpung di bidang peternakan, di antaranya Djaja Suharja selaku pemilik Arkan Quail Farm dan Ridwan Herdian selaku pemilik Bens Farm. Topik yang dibahas dalam sesi talkshow antara lain potensi ekonomi peternakan puyuh dan proses pemilihan serta perawatan domba untuk kurban. 

 

Kegiatan ini didukung oleh beberapa perusahaan terkemuka seperti PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Indosat Ooredoo Hutchison, PT Frisian Flag Indonesia, dan Alltech Indonesia. Dosen Prodi Teknologi dan Manajemen Ternak SV IPB, Pria Sembada mengungkapkan bahwa pameran inovasi dan talkshow yang digagas oleh mahasiswa Prodi Teknologi dan Manajemen Ternak menjadi sebuah wadah menarik dalam mempertemukan pihak industri dan pihak kampus. “Beberapa mitra industri yang berkesempatan hadir merasa program semacam ini penting dilakukan dan diharapkan dapat dikembangkan. Saya juga menilai prototype/produk yang telah dibuat para mahasiswa dapat terus dikembangkan menjadi inovasi yang dapat diimplementasikan di masyarakat,” nilainya.bella

 

 
Livestock Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain